in

TikTok Dijuluki Bola Mata-Mata Cina, Seruan Larangan Makin Deras

PROHABA.CO, WASHINGTON DC – Balon mata-mata Cina yang melayang di atas AS bulan lalu tidak hanya merusak hubungan antara Beijing dan Washington, tetapi juga membayangi masa depan TikTok.

Pekan lalu, komite kongres AS mendukung undangundang yang akan memberi Presiden AS kekuatan untuk melarang aplikasi video sosial milik Cina.

Ketua komite dari Partai Republik, Michael McCaul, mengatakan insiden itu telah memperkuat ketakutan akan pengawasan negara Cina, menggambarkan TikTok sebagai “balon mata-mata di ponsel Anda”.

Dilansir dari Guardian, hal itu terjadi beberapa hari setelah Kanada mengumumkan akan bergabung dengan AS dalam melarang TikTok dari perangkat seluler pemerintah karena masalah keamanan.

Eksekutif UE dan parlemen Eropa juga telah melarang aplikasi tersebut dari telepon staf.

TikTok menghadapi ancaman eskalasi larangan sempit ini.

Melarang aplikasi sepenuhnya akan meninggalkan celah besar dalam konsumsi media sosial di AS saja, di mana Tik-Tok memiliki lebih dari 100 juta pengguna.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, bersikap ambivalen untuk melangkah lebih jauh.

Baca juga: Balon Mata-Mata Cina Terlacak Terbang di Langit AS

“Ini mungkin langkah pertama, ini mungkin satu-satunya langkah yang perlu kita ambil,” katanya.

RUU McCaul masih harus berjalan sebelum menjadi undang- undang, membutuhkan persetujuan oleh kedua badan legislatif di Kongres sebelum mencapai Joe Biden, tetapi RUU itu bergabung dengan undang-undang lain dengan tujuan serupa.

Di Senat, Josh Hawley dari Partai Republik telah memperkenalkan undang-undang untuk melarang TikTok secara nasional, sementara sesama senator Republik Marco Rubio mendukung undang-undang serupa.

Larangan TikTok di AS pada perangkat federal menambah tindakan serupa oleh sejumlah negara bagian termasuk Texas, South Dakota, dan Virginia yang melarang pegawai negara bagian menggunakan aplikasi tersebut di perangkat yang dikeluarkan pemerintah.

Kelompok kebebasan berbicara seperti American Civil Liberties Union (ACLU) bersiaga sebagai upaya untuk melarang kemajuan TikTok, dengan alasan itu akan melanggar hak amandemen pertama.

RUU McCaul juga dianggap terlalu luas dan akan menjatuhkan sanksi pada perusahaan mana pun yang mungkin secara langsung atau tidak langsung tunduk pada pengaruh Cina.

Baca juga: Makin Banyak Negara Bagian Amerika Larang Instal TikTok

What do you think?

Written by Julliana Elora

Gubernur di Filipina Tewas Ditembak, Tiga Terduga Pelaku Ternyata Eks Militer

Pelajar Tawuran, 45 Orangtua Dipanggil