in

Tingkatkan TGM Lewat Pojok Baca Digital

FERI MULYANI HAMID.(SHYNTIA/PADEK)

Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang terus berupaya untuk meningkatkan angka Tingkat Gemar Membaca (TGM) Kota Padang.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni mengajak masyarakat, khususnya generasi muda, untuk memanfaatkan Pojok Baca Digital yang berada di gedung Youth Center Padang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Feri Mulyani Hamid kepada Padang Ekspres mengatakan, Pojok Baca Digital yang dimiliki Kota Padang tersambung dan terkoneksi langsung dengan Perpustakaan Nasional. Sehingga ada jutaan judul buku yang bisa dipilih dan dibaca masyarakat.

Ia menambahkan, dengan banyaknya masyarakat yang memanfaatkan Pojok Baca Digital ini, bisa memberikan dampak positif terhadap peningkatan angka TGM Kota Padang di tahun 2024.

“Padatahun 2023 lalu angka TGM Kota Padang mengalami peningkatan, yakni sebesar 72,34 persen. Tentu di tahun 2024 ini, kami dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang optimis angka TGM Kota Padang bisa meningkat dengan target 73 persen,” jelasnya.

Feri Mulyani mengungkapkan, tahun ini Pemko Padang sudah mendapatkan bantuan dari Perpustakaan Nasional berupa beberapa unit komputer yang dijadikan sebagai Pojok Baca Digital di Youth Centre Kota Padang.

“Beberapa komputer sudah tersedia di Pojok Baca Digital kita tepatnya di gedung Youth Centre. Kita harapkan pengunjung bisa memanfaatkan Pojok Baca Digital ini sebagai bahan untuk memaksimalkan tingkat kegemaran membaca masyarakat Kota Padang,” katanya.

“Jadi, masyarakat Kota Padang yang ingin membaca buku di perpustakaan digital ini dapat memilih judul buku yang diinginkan dengan pilihan jutaan e-book yang nantinya bisa dibaca secara langsung,” sambungnya.

Ia berharap agar masyarakat Kota Padang bisa meningkatkan kegemaran membaca, sebab membaca merupakan langkah awal untuk membuka seluruh wawasan dan menjadi jendela dunia. Tentu dengan membaca literasi masayarakat Kota padang bisa lebih meningkat. (s)

What do you think?

Written by Julliana Elora

UPTD SDN 03 Situjuah, Pawai Alegoris Sambut Peristiwa Situjuah Ke-75

Diduga Ada Tunawisma di Bawah Jembatan