in

Tips Dan Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Jika Akan Membeli Rumah Baru

Rumah adalah suatu kebutuhan yang wajib untuk dimiliki, dengan harga rumah yang semakin tahun semakin tinggi, maka jika kamu telah mempunyai cukup uang, saran kami, segera saja wujudkan keinginan itu. Tidak perlu untuk membeli cash, beli rumah dengan cara kredit pun boleh untuk dijadikan pilihan.

Membeli rumah itu sebenarnya mudah, namun banyak aspek yang harus diperhatikan agar tidak menyesal di kemudian hari. Bukan cuma soal uang saja, namun kelayakan dan lokasi rumah harus juga diperhatikan. Ingat selain kebutuhan, rumah itu juga harus bisa dijadikan investasi.

1. Banjir atau tidak


Sebelum membeli rumah baik baru ataupun bekas kamu harus perhatikan faktor yang satu ini, yaitu masalah banjir. Sebelum membeli sebaiknya kamu harus mencari tahu terlebih dahulu tentang lokasi rumah tersebut, apakah daerah banjir atau tidak.

Jika rumah yang akan kamu beli itu berada di daerah rawan banjir, maka segera saja tinggalkan. Karena rumah yang berada di daerah banjir akan sangat menyusahkan sekali, jika kamu tidak betah dan ingin menjualnya lagi, maka bisa dipastikan rumah tersebut akan sulit terjual.

2. Kredibilitas pengembang


Walaupun rumah baru yang akan kamu beli harganya terbilang murah, namun jangan mudah terlena, cari tahu dahulu akan kredibilitas dari pengembang perumahan tersebut, karena yang ditakutkan jika pengembang perumahan tersebut kurang bertanggung jawab, maka kita sendiri yang akan kesusahan.

Pengembang yang tidak bertanggung jawab cenderung hanya ingin mengeruk keuntungan saja, misalnya dp rumah sudah terbayar, namun rumah tidak juga kunjung dibangun, atau mereka membangun rumah asal saja dan tidak memperhatikan kualitas, baru beberapa bulan saja tembok sudah banyak yang retak, atau bahkan ada beberapa kejadian rumah sampai roboh.

3. Sertifikat


Keabsahan rumah juga harus kamu perhatikan, surat atau sertifikat rumah tersebut apa sudah shm atau masih shgb. Punya imb atau tidak? Dan jika kamu ingin mudah dalam proses jual beli rumah, sebaiknya memakai jasa notaris yang terpercaya.

Untuk pembelian lewat kpr juga harus teliti, apakah bank pemberi kredit tersebut adalah bank atau lembaga perkreditan yang dapat dipercaya, berapa bunga yang di kenakan, perjanjian kredit nya bagaimana dan lain sebagainya.

4. Lokasi


Lokasi rumah juga patut untuk dipertimbangkan, apakah rumah tersebut jauh dari tempat kerja kamu, atau rumah tersebut jauh dari sarana transportasi, jauh dari rumah sakit, bank dan fasilitas umum lainnya

Memang harga rumah yang berada di tempat strategis dan dekat dengan fasilitas umum cenderung berharga mahal dan kadang tidak terjangkau untuk kalangan menengah bawah. Yang terpenting adalah sesuaikan dengan kemampuan, beli rumah di daerah pinggiran juga oke saja, asal akses ke tempat kerja dan fasilitas umum walaupun jauh, masih bisa dijangkau.

What do you think?

Written by virgo

Kemitraan Akademisi, Bisnis, dan Pemerintah Pacu Pembangunan

Kacang “May Day” Bagi Jurnalis