in

Tips Hemat Baterai Ponsel Saat Mudik

Lebaran 1438 H tinggal hitungan hari saja, di saat itu juga ritual mudik dilakukan. Mulai dari jalur udara, darat hingga laut, semua akan dipadati oleh pemudik yang merayakan Hari Raya di kampung halaman. Karena biasanya berangkat di hari yang bersamaan, tidak jarang banyak pemudik yang terjebak di jalan, biasanya yang menggunakan jalur transportasi darat. Kalau sudah begini, ponsel pintar pun menjadi salah satu untuk cara untuk menghibur.

Hampir semua ponsel pintar itu boros baterai, walaupun sempat tertolong dengan adanya powerbank, namun kondisi di jalan yang tak bisa diprediksi pengguna harus tetap pintar-pintar mengatur baterai di perangkat genggamnya.

Berikut tips agar bisa terhibur dengan ponsel namun baterai masih bisa tetap awet:

1. Aktifkan Power Saving

Hampir semua ponsel pintar, baik Android ataupun iOS sudah mempunyai fitur Power Saving. Ini bisa diaktifkan sejak baterai dalam kondisi penuh dan memulai perjalanan mudik.

Memang kabar buruknya adalah, mungkin beberapa aplikasi tidak akan berjalan maksimal karena diminimalisir oleh sistem operasi. Namun setidaknya ini bisa membantu mengurangi pemborosan daya baterai.

2. Aktifkan fitur Offline Musik

Sekarang eranya adalah musik streaming, seperti Spotify. Perjalanan jauh tentu akan membosankan tanpa mendengarkan musik. Namun tak sempat lagi menyimpan lagu-lagu favorit di playlist ponsel. 

Beruntunglah bagi pemilik akun premium, karena biasanya layanan musik streaming menyediakan fitur offline sehingga pengguna bisa mengunduh lagu kesayangan dahulu sebelum melakukan perjalanan. 

Sehingga tak cuma baterai yang semakin panjang usia, data pun akan semakin hemat

3. Matikan Fitur Getar

Fitur getar biasanya membantu apabila ada panggilan telepon masuk saat rapat atau sedang berada di luar ruangan yang bising. Namun tidak untuk perjalanan mudik.

Karena fitur ini lumayan menguras daya baterai. Untuk itulah, ada baiknya mematikan saja fitur getar ini.

4. Turunkan tingkat kecerahan layar

Layar tajam memang nyaman di mata, namun tidak untuk memperpanjang daya baterai. Untuk itulah ada baiknya meredupkan saja tingkat kecerahan layar dan mematikan fitur auto brightness.

5.  Mute Notifikasi

Menonaktifkan notifikasi aplikasi juga salah satu cara yang bijak agar baterai lebih tahan lama. Mute aplikasi yang sering muncul di layar, seperti WhatsApp. Menahan diri satu hari tentunya tak jadi masalah, bukan? 

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Kualitas Buruk, Bulog Ganti Beras Rastra

Lebaran, Penjualan Mobil Bekas Merosot