in

TNI Berperan Selesaikan Konflik

Kehadiran Tentara Republik Indonesia (TNI) sangat dirasakan oleh masyarakat. Tidak  hanya urusan keamanan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Namun, bersinergi mensuksekan program pemerintah daerah. Hal itu diungkapkan Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah usai menghadiri upacara peringatan HUT TNI ke- 72 di lapangan RTH Imam Bonjol, Padang, Kamis (5/10).

Dikatakannya, di usia TNI yang telah memasuki 72 tahun ini, ia  berharap, keyakinan akan keberadaan TNI di tengah masyarakat terus berdampak positif. Baik itu secara institusi maupun individu prajurit. “Apalagi, saat ini TNI selalu menyatu dengan rakyat. Ikut serta dalam kegiatan yang diadakan. Baik itu dari tingkat RT hingga kota. Seperti, kegiatan gotong- royong yang diadakan masyarakat , TNI  yang ikut di dalamnya, hingga menjaga keamanan masyarakat dari tindakan terorisme yang mengancam keselamatan,” tuturnya.

Peran TNI di Kota Padang tidak dapat terhitung, sudah banyak yang dilakukan TNI untuk Kota Padang. Dari segi pembangunan, TNI juga berperan dalam penyelesaian objek wisata Pantai Padang. “Pantai Padang bersih dan indah seperti sekarang ini, sehingga, menjadi tujuan wisatawan. Itu juga dari peran TNI,” ulasnya.

Selain itu, dalam hal mengatasi kenakalan remaja. Seperti tawuran yang sering terjadi beberapa waktu lalu. TNI juga berperan mengatasinya, bekerja sama dengan instansi terkait lainnya. Sehingga, tawuran di Kota Padang dapat berkurang. Kemudian, TNI juga berperan untuk meningkatkan kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Padang dengan cara mengadakan sosialisasi terkait kedisiplinan.

Dalam hal kebencanaan di Kota Padang seperti banjir, longsor bahkan gempa bumi. TNI ikut berperan dalam penanggulangan bencana di Kota Padang. “Ke depannya, kami berharap kerja sama TNI dengan Pemko Padang akan lebih ditingkatkan. Sehingga, kerja sama ini selalu dirasakan masyarakat,” tukasnya.

Peringatan HUT TNI yang ke- 72 HUT TNI di Lapangan Imam Bonjol, Kota Padang, Kamis (5/10) itu menampilkan atraksi ratusan prajurit yang terdiri dari tentara Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan tentara Angkatan Udara. Mereka  melakukan kegiatan upacara perayaan HUT TNI di Lapangan Imam Bonjol, Kota Padang, Kamis (5/10).

Dalam perayaan tersebut ditampilkan beberapa atraksi, ratusan prajurit memperagakan penampilan drama perjuangan tentara melawan penjajahan, atraksi bela diri silat, karate dan boxer yang diiringi gendang. Dalam perayaan yang bertema ‘Bersama Rakyat TNI Kuat’ tersebut juga memperagakan beberapa keahlian yang dimiliki oleh Prajurit TNI, di antaranya teknik melumpuhkan memotong kayu dengan tangan, peragaan memecah guci dengan kepala, serta menyerang musuh dari atas mobil.

Dalam perayaan HUT TNI ke 72, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Wadan Lantamal) II Padang Kolonel Marinir Lasmono. Serta dalam kegiatan itu diserahkan penghargaan tanda kehormatan kepada empat anggota TNI dari Presiden Republik Indonesia. Kemudian, kegiatan ini juga dirangkaian pertunjukan drama peperangan, aksi beladiri TNI AD, AU, dan AL serta alutista. 

Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Wadan Lantamal) II Padang Kolonel Marinir Lasmono mengatakan, perayaan HUT TNI ke 72 diadakan di RTH Imam Bonjol Padang, walaupun sederhana, namun ia bangga menjadi prajurit TNI.  “Kami berharap pada HUT ini, TNI tetap dicintai rakyat. Karena kami dari rakyat untuk rakyat, “ ungkapnya. (*) 

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Egy Masuk 60 Pemain Muda Terbaik Dunia

Dari Banten Bertolak ke Kalimantan Utara