in

TPST Lubuakmalako Terganjal Lahan

Penanganan Sampah Baru 20 Persen

Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) yang rencananya akan dibangun di Nagari Lubuakmalako terganjal lahan. Meski strategis, lahan yang tersedia ternyata berada dalam Hak Guna Usaha (HGU) PT RAP.

Untuk membenahi dan meningkatkan kualitas lingkungan masyarakat, Pemkab Solsel akan membangun dua TPST. Selain di Nagari Lubuakmalako, Kecamatan Sangirjujuan, TPST juga akan dibangun di Sungaisuriah Kecamatan Sungaipagu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Solok Selatan Syamsurizaldi mengakui, pembangunan TPST di Nagari Lubuakmalako belum dapat dilaksanakan akibat kepemilikan lahan.

“Padahal lahan di sana sangat strategis dan datar. Lahan itu sangat pas untuk menampung volume sampah dari tiga kecamatan, yaitu Sangirjujuan, Sangir Balai Janggo dan Sangir Batang Hari,” kata Syamsurizaldi.

Menurutnya, masalah sampah dan kualitas lingkungan yang bersih memang masih menjadi persoalan yang belum terselesaikan dengan baik di Kabupaten Solok Selatan. Hal itu menjadi salah satu fokus pemkab Solsel tahun 2017 ini. 

“Penanganan masalah sampah di Solsel baru mencapai angka 20 persen. Tahun ini akan kita upayakan Solsel bebas dari sampah, pemerintah pusat mengalokasikan Rp 13 miliar untuk pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, ditambah kucuran dana APBD Rp 350 juta untuk pembangunan pos dilengkapi pagar dan gapura,” katanya.

Kemudian, lanjutnya, untuk pembangunan TPA, pihaknya sudah punya lokasi di Jujuran, Kecamatan Sangir seluas 10 hektare. “Lahannya telah dibebaskan, sekarang kita tengah menyiapkan akses jalannya,” tuturnya.

Plt Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Solok Selatan, Jon Kapi menyebutkan, permasalahan lahan pembangunan TPST yang berada di Lubukmalako sudah dicarikan solusinya.

“Lahan pembangunan TPST yang terganjal HGU PT RAP, sekarang sudah kita dapati lahan penggantinya yang masih berlokasi di Lubuk Malako,” ujarnya.

Diterangkannya, Lubukmalako dan Sungaisuriah merupakan dua tempat yang strategis untuk mewakili dan menampung semua volume sampah mentah di Solsel sebelum dibawa ke TPA di Kecamatan Sangir.

“TPST Lubukmalako menampung sampah di tiga kecamatan, TPST di wilayah perbukitan Sungaisuriah akan menampung sampah dari Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Sungaipagu dan Pauahduo. Sedangkan TPA nya berada di Kecamatan Sangir,” tuturnya. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Upah Bongkar Muat di Mentawai Tinggi

Solok Telurkan Lima Perbup