in

Tragedi Halloween Korsel: 59 Tewas dan 150 Terluka, Presiden Rapat Darurat

Sekitar 59 orang tewas dan 150 orang luka-luka setelah terinjak-injak kerumunan besar massa saat pesta Halloween di distrik Itaewon, Seoul, Korea Selatan (Korsel), Sabtu (29/10/2022) malam waktu setempat.

Sebanyak 46 orang dipastikan tewas di tempat kejadian, dan 13 lainnya dinyatakan meninggal setelah mereka dibawa ke rumah sakit.

Pejabat kantor kedaruratan setempat menyebutkan mereka menerima setidaknya 81 telepon dari orang-orang di Itaewon yang melaporkan kesulitan bernapas.

Menurut laporan kantor berita Yonhap, desak-desakan terjadi di dekat Hotel Hamilton di distrik kehidupan malam Itaewon. Sejumlah besar orang memasuki gang sempit di dekat hotel itu.

“Ada banyak korban selama perayaan Halloween,” ujar Choi Seong-beom, kepala pemadam kebakaran di Yongsan, yang mencakup Itaewon.

Tak lama setelah peristiwa itu, Presiden Korsel Yoon Suk-yeol datang ke kantor kepresidenan di Yongsan dan memimpin pertemuan darurat. Dia memerintahkan para pejabatnya segera memberikan pertolongan pertama dan merawat yang terluka.

Perdana Menteri Han Duck-soo, Menteri Dalam Negeri Lee Sang-min, kepala Polisi Metropolitan Seoul Kim Gwang-ho dan pejabat lainnya menghadiri pertemuan melalui tautan video.

Garis polisi tampak mengelilingi sebuah jalan di distrik Itaewon Seoul, lokasi sekitar 50 orang mengalami serangan jantung karena terinjak-injak ketika pesta Halloween.

Sebanyak 142 kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan ke wilayah tersebut. “Presiden juga memerintahkan tindakan darurat, termasuk membersihkan jalur untuk ambulans dan kontrol lalu lintas lain yang diperlukan,” ujar Lee Jae-myeong, wakil juru bicara kantor kepresidenan.

Para petugas kesehatan harus memastikan perawatan cepat bagi mereka yang terluka dan meninjau keamanan lokasi tempat perayaan Halloween itu.

Secara terpisah, Perdana Menteri Han Duck-soo juga menginstruksikan para pejabat untuk melakukan upaya maksimal untuk meminimalisir jatuhnya korban.

Sedangkan Wali Kota Seoul Oh Se-hoon  yang sedang berkunjung ke Eropa, memutuskan untuk pulang setelah mengetahui adanya tragedi itu.

Media lokal melaporkan, sekitar 100.000 orang menuju ke Itaewon untuk perayaan Halloween. Perayaan terbesar setelah pelonggaran pembatasan Covid-19 beberapa bulan terakhir.(yhp/esg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Update Tragedi Halloween Korsel: Korban Tewas Bertambah jadi 120 Orang

6 Orang Terkaya yang Berasal dari Ranah Minang