in

Tujuh Toko di Peusangan Terbakar

Jumat, 21 Juni 2019 11:27 WIB

BIREUEN – Tujuh toko di Jalan Sinar Peusangan, Keude Matanggelumpang Dua, Kecapatan Peusangan, Bireuen, Kamis (20/6) sekitar pukul 11.10 WIB, terbakar. Dari tujuh toko yang letaknya berdekatan dengan terminal lama dan jalan  Pasar Baru, Peusangan, itu tiga unit di antaranya terbakar dari lantai bawah sampai lantai atas. Sementara empat  toko lainnya hanya terbakar di lantai dua.  

Data dari Polsek Peusangan, bangunan yang terbakar adalah toko kelontong milik Fauzan M Yusuf (42), toko onderdil sepeda motor (sepmor) milik Marzuki (55), dan toko diler sepmor milik Zulfuadi (50). Ketiga toko yang berada di Jalan Sinar Peusangan ini terbakar dari lantai bawah sampai lantai atas. Sedangkan empat toko di Jalan Pasar Baru (belakang jalan Sinar) yang terbakar lantai dua saja masing-masing toko kelontong milik Raiz (35), toko kain milik Azhar  (36), toko pakaian milik Bahriana (49), dan toko kain milik Heriannur (35).

Danramil 06/Peusangan, Kapten Inf A Rani mengatakan, awalnya ia mendapat informasi dari pemilik yang tokonya terbakar. Lalu, sejumlah anggota Koramil bergerak ke lokasi membantu memadamkan api dan menyelematkan barang-barang di dalamnya. 

Amatan Serambi, petugas pemadam kebakaran bersama personel Koramil dan Polsek Peusangan, serta puluhan warga, bersama-sama memadamkan api yang terus membesar. Bahkan, petugas pemadam naik ke lantai dua untuk memudahkan mereka memadamkan api disertai asap tebal yang masih muncul dari bangunan yang terbakar.

Soal kronologi kebakaran, Kapolres Bireuen, AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK MSi, melalui Kapolsek Peusangan, Iptu Salamuddin, kepada Prohaba, mengatakan, informasi yang diperoleh  dari pemilik Toko Niaga Baru, Fauzan M Yusuf, saat itu ia sedang berada di tokonya. Tiba-tiba lampu dalam toko padam. Fauzan menduga lampu di tokonya padam meteran listrik membal. “Saat dicek, ternyata metera listrinya tidak membal. Lalu, saat naik ke lantai dua Fauzan melihat api menyala di cok kabel lantai atas. Karena itu, ia segera turun meminta bantuan,” ungkap Kapolsek.

Tidak lama kemudian, api di lantai dua toko tersebut mulai membesar hingga merambah ke toko di sampingnya. Sejumlah barang dalam toko itu dikeluarkan ke jalan dan sebagian lainnya terbakar. Puluhan warga bersama anggota Polsek dan Danramil Peusangan membantu memadamkan api.

Api kemudian merambah ke belakang hingga membakar empat toko di belakang toko Fauzan atau di jalan Pasar Baru. Tak lama setelah itu, empat mobil pemadam kebakaran (damkar) milik Pemkab Bireuen tiba di lokasi. Lalu, petugas bersama warga bersama-sama memadamkan api. Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.00 WIB.(yus)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Gus Miftah, Ustadz Nyentrik Inspirasi Deddy Corbuzier Masuk Islam

Tak Ingin Perayaan, Malah Dapat Kejutan Ulang Tahun