in

TV vs YouTube

Belakangan ini sudah banyak sekali trend yang terjadi di kalangan anak remaja atau yang biasa dikenal dengan sebutan “Kids Jaman Now”. Yap, para millennials ini emang sangat suka membuat hal hal yang baru misalkan dengan menggunakan kata-kata yang nyeleneh seperti tercyduq, micin, hqq dan berbagai kalimat nyeleneh lainnya. Mereka juga sering  mengunggah postingan mereka ke dalam media sosial. Sekarang ini, populasi pengguna Internet mencapai 112 juta orang menurut eMarketer. Tak heran kalau remaja sekarang itu tidak bisa lepas dari yang Handphone atau Smartphone dan rata-rata mereka lebih suka menghabiskan waktunya untuk membuka sosial media melalu smartphone masing – masing, entah untuk memposting foto, video atau meihat akun milik mantan. Sosial media yang dibuka juga bermacam – macam tergantung dari kebutuhan mereka ada Facebook, Instagram, Twitter, Youtube dan lainnya. Nah biasanya tren dari kids jaman now ini terinspirasi dari video video para Vlogger yang ada di Youtube

Siapa sih yang gak tahu Youtube dan gak pernah buka website ini? Di youtube inilah sarangnya para Vlogger, Gamers dan Public Figure yang sering meng-upload video tentang keseharian dan hobi mereka. Para Kids Jaman Now ini juga biasanya suka banget nih menonton video para vlogger yang terkenal dan seringkali meniru gaya mereka. Contohnya saat video para vlogger yang membuat Smayang Challenge viral di dunia maya, setelah menonton video ini banyak orang yang akhirnya penasaran dan membeli Samyang yang berasal dari Negeri Ginseng ini. Pokoknya kalau sudah bicara tentang Youtube memang sudah gak akan ada habisnya deh, Youtube tuh udah seperti google ke 2 untuk kita, karena semua informasi serba ada mau cari video tentang Pendidikan ? Ada. Kartun ? Ada juga. Musik ? Apalagi. Tapi sadar tidak kalian, seiring dengan berkembangnya Youtube, keberadaan media elektronik seperti TV juga kian lama akan memudar ?

 

Terbukti menurut data survey online yang dilakukan oleh 100 responden nyatanya 89% remaja berusia 18-25 tahun yang berada di Indonesia lebih menyukai Youtube daripada TV. Kok bisa sih ? Ternyata anak anak muda jaman sekarang lebih sering menonton Youtube karena menurut mereka konten dari Youtube itu lebih beragam sesuai dengan apa yang anak muda inginkan. Misalkan kalau mau mencari tau tentang travelling atau suatu daerah yang ingin dikunjungi, mereka akan lebih memilih Youtube karena informasi yang didapat lebih menyeluruh daripada di TV. Lalu apa yang harus diperhatikan oleh beberapa stasiun Televisi agar keberadaan TV tidak meredup?

  1. Memperhatikan Konten
  2. Meningkatkan kualitas gambar
  3. Memperkuat awareness TV streaming  
  • Nah, konten itu penting banget guys, kalo tidak ada konten acara TV tidak akan dibuat dan kalo kontennya jelek ratingnya pun akan turun dan tidak ada yang menonton, dengan mengubah konten yang lebih variatif dan kreatif sesuai target penonton misalnya untuk ibu ibu, dapat disesuaikan kontennya, kemudian untuk remaja pun ada pilihan tayangan TV yang sesuai, jadi TV merangkul banyak masyarakat indonesia dan ter-segmentasi dari berbagai latar belakang dan kalangan.
  • Pengambilan gambar dan kejernihan suatu gambar juga dapat membuat penonton tertarik untuk menonton acara atau program TV yang akan ditayangkan. Saat ini masih sedikit dari berbagai stasiun televisi yang memperhatikan kualitas gambarnya.
  • TV Streaming ? memang-nya ada? Mungkin beberapa dari kalian sudah tahu kalau TV juga bisa dinikmati dan disaksikan melalui website mereka masing-masing, tetapi kebanyakan dari anak remaja masih beranggapan bahwa kalau mau nonton di TV itu ya harus di TV itu sendiri. Nah dengan membuat announce lewat sosial media juga mempromosikannya melalui TV itu sendiri maka masyarakat akan semakin banyak yang tahu kalau TV sudah bisa di lakukan melalui streaming.

Nah, itu tadi beberapa tips yang harus diperhatikan lagi oleh TV kedepannya supaya tidak tenggelam bersama media elektronik lainnya. Kalo kamu pilih mana? Youtube atau Tv?

 

 

 

 

 

 

 

 

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by Julliana Elora

Bonus pada yang Berbuat Baik terhadap Orang Tua nya!

Asal Mula Persahabatan