in

UB Tingkatkan Peran Artropoda sebagai Pengendali Hama

JAKARTA – Guru Besar bidang Ilmu Entomologi dan Ekolo­gi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Brawijaya (UB), Amin Setyo Leksono, dalam pe­nelitiannya berhasil menemukan peran komunitas artropoda, khususnya di agroekosistem untuk mengendalikan hama.

Artropoda merupakan komponen biologi yang memi­liki peran penting dalam agroekosistem. Dari beragam peranan artropoda pada agroekosistem, beberapa peran penting tersebut meliputi musuh alami hama, peran seba­gai penyerbuk, peran sebagai pengurai, dan peran sebagai bioindikator.

“Peran komunitas artropoda ditingkatkan melalui dua inovasi. Pertama rekayasa habitat, untuk memanipulasi habitat menjadi habitat alternatif bagi artropoda sebagai tempat untuk berlindung, berteduh, mencari makan, is­tirahat, reproduksi lainnya,” ungkapnya lewat keterangan tertulisnya, Jumat (15/11).

Sedangkan inovasi kedua, lanjutnya, adalah membuat pupuk pestisida hayati cair yang berasal dari bahan alami lokal seperti empon-empon, gadung, buah maja, dicampur dengan air cucian beras, air kelapa, gula, dan terasi yang di­fermentasi selama dua minggu.

“Apa yang kami lakukan adalah upaya untuk mengenda­likan populasi hama agar tercapai suatu keseimbangan an­tara populasi hama dan populasi musuh alaminya,” tukas dia. SB/E-3

What do you think?

Written by Julliana Elora

Sejumlah Ketua DPD II Partai Golkar Tolak Calon Ketum Tunggal

Innalillahi, Sesepuh Pondok Buntet Pesantren KH Abdul Hamid Anas Tutup Usia