in

Ubud Writers & Readers Festival 2020 ditunda akibat COVID-19

Jakarta (ANTARA) – Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) 2020 diputuskan untuk ditunda hingga waktu yang belum ditentukan akibat penambahan jumlah kasus pandemi COVID-19 di Indonesia.

“Ini bukanlah keputusan yang mudah. Bukan hanya berdampak pada Yayasan dan tim Festival, tapi juga berarti hilangnya pendapatan melalui penjualan tiket dan banyak kemitraan serta dukungan finansial yang berharga,” ujar Janet DeNeefe, pendiri dan Direktur UWRF, dalam siaran resmi, Jumat.

Ia mengatakan, keputusan ini akan berdampak kepada komunitas lokal yang menantikan dorongan ekonomi dari acara tahunan. Namun, keselamatan pengunjung, pembicara, staf, sukarelawan, dan mereka yang terlibat dalam Festival adalah prioritas utama.

Baca juga: Intip secuplik daftar pembicara Ubud Writers & Readers Festival 2018

Baca juga: Karya 15 penulis terpilih tampil di UWRF 2017

Dua prakarsa utama Yayasan Mudra Swari Saraswati: Ubud Writers & Readers Fesvital (UWRF) dan Ubud Food Festival (UFF) telah menciptakan manfaat ekonomi yang signifikan di semua sektor pariwisata, mulai dari perjalanan udara, hotel, transportasi, restoran dan ritel, hingga untuk para petani di sawah.

UWRF sebagai salah satu festival sastra terbesar di Asia Tenggara dan UFF sebagai festival makanan terkemuka di Indonesia, merupakan pertemuan lintas budaya yang mempertunjukkan budaya dan talenta Indonesia di panggung global yang beragam.

Ubud Writers & Readers Festival yang pertama kali diselenggarakan pada 2004 kini dikenal sebagai salah satu festival sastra terbesar di Asia Tenggara.

Misi dari UWRF adalah mewujudkan festival sastra berskala internasional yang merayakan ide serta isu-isu global. UWRF adalah proyek tahunan utama dari yayasan nirlaba Mudra Swari Saraswati yang didirikan oleh Co-Founder, Janet DeNeefe sebagai bentuk pemulihan setelah tragedi bom Bali pertama.

Baca juga: Jeda 8 tahun, “Nagabumi III” dari Seno Gumira Ajidarma resmi meluncur

Baca juga: Karma, tema Ubud Writers & Readers Festival 2019

Baca juga: “Nayla” dan “Gugug!” rilis di Ubud Writers & Readers Festival 2018

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

What do you think?

Written by Julliana Elora

Nikita Mirzani Divonis Pidana Enam Bulan

Rio Febrian, Langit Sore, dan Frau meriahkan Prambanan Jazz Online