in

Uni Charm Indonesia Luncurkan Produk Pembalut Menggunakan Bio Material

Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, PT Uni-Charm Indonesia Tbk meluncurkan produk
pembalut wanita Charm Herbal Ansept+ Bio pertama di Unicharm Group yang
menggunakan Bio Material berasal dari tumbuhan tebu.

Produk yang diluncurkan kali ini menggunakan bio material di kemasan luar, kemasan individual, dan top sheet untuk pertama kalinya di Unicharm Group.

Selain itu, bio material juga digunakan pada bagian back sheet, sehingga dapat mengurangi penggunaan jumlah plastik berbahan dasar minyak bumi. Konferensi pers offline kali ini merupakan yang pertama kalinya diadakan, setelah terakhir kali diadakan 3 tahun yang lalu.

Presiden Direktur Yuji Ishii menjelaskan, Departemen R&D kami melakukan riset selama kurang lebih 4 tahun, dan bekerja sama dengan badan riset dalam dan luar negeri untuk melakukan trial and error berulang kali.

“Hasilnya, kami berhasil meluncurkan Charm Herbal Ansept+ Bio yang top sheet, yaitu bagian yang bersentuhan langsung dengan kulitnya menggunakan Bio Material yang dibuat dari saringan serat tebu, dalam edisi terbatas,” jelas Yuji Ishii.

Selain itu, back sheet, kemasan individual dan kemasan luarnya juga menggunakan Bio Material. Upaya ini merupakan pertama kalinya bagi Unicharm Group, yang kami anggap akan dapat berkontribusi pada pengurangan plastik berbahan dasar minyak bumi.

Pembalut berbahan bio material ini telah diluncurkan pada konferensi pers, 13 Juni 2022 lalu di Jakarta. Dihadiri lebih dari 30 media baik online, koran, majalah, stasiun TV, serta Putri Lingkungan Indonesia 2020, Putu Ayu Saraswati.

Latar belakang peluncuran produk minyak bumi ini sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Minyak mentah adalah bahan bakar fosil yang dihasilkan oleh perubahan kimia pada bangkai organisme hidup dari ratusan tahun yang lalu. Namun, karena energi ini tidak dapat diperbarui, sehingga penggunaannya terbatas, dan diperkirakan dalam sekitar 50 tahun mendatang akan habis.

Oleh karena itu, sebagai salah satu bentuk pelaksanaan slogan PT Uni-Charm Indonesia Tbk yaitu Ethical Living For SDGs yang berarti melakukan kebaikan kecil di dalam kehidupan sehari-hari, maka dilakukan upaya untuk membentuk lingkungan yang berkelanjutan dengan menggunakan sumberdaya yang dapat diperbarui. Charm Herbal Ansept+ Bio yang diluncurkan kali ini sebagian materialnya berasal dari sumberdaya yang dapat diperbarui dan berasal dari tumbuhan, yaitu tebu.

“Melanjutkan launching pembalut Charm Safe Night dan masker Protect Pollution dalam kemasan kertas di tahun 2021 lalu, di tahun ini kami juga meluncurkan popok bayi MamyPoko Royal Soft New Born tipe perekat dengan kandungan kapas organik dalam edisi terbatas pada pertengahan bulan Juni, untuk dijual terutama di online shop,” ujar Yuji Ishii.

Di samping itu, untuk penetrasi Ethical Living for SDGs, akan dibuat Ethical Living Corner di Official online shop yaitu Lazada, Shopee, Tokopedia, dan Blibli.

Sementara itu, Putri Lingkungan Indonesia 2020 Putu Ayu Saraswati mengatakan bahwa setiap kali bepergian ke
tempat yang dekat, sebisa mungkin ia membiasakan diri untuk berjalan kaki. “Ketika berbelanja pun saya menggunakan tas daur ulang. Dengan menerapkan kebaikan kecil di dalam kehidupan sehari-hari, akan memberikan manfaat bagi pelestarian lingkungan dan juga kesehatan diri saya,” ujar Putu Ayu. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Mabes Polri akan buat 3 polisi baru di Papua

Biografi Brian Putra Bastara Ketua Umum BPD HIPMI Sumatera Barat