in

Upaya Rizky Julian majukan bola basket 3X3 dengan bentuk Basket-ID

Jakarta (ANTARA) – Pebasket spesialis 3×3 Rizky Julian telah membawa komunitasnya Glorius menjadi salah satu tim yang ditakuti di skena bola basket Indonesia, dan kini ia ingin melangkah lebih besar dalam usahanya memajukan olahraga yang ia cintai tersebut.

Glorius yang dibentuknya sejak 2006 silam, telah melegenda dan dijuluki sebagai tim spesialis pemburu uang hadiah di turnamen-turnamen yang diikutinya.

“Dulu sempat ada aturan di mana Glorius tidak boleh ikut serta di salah satu turnamen. 3on3 ini selain ajang buat cari validasi di basket Indonesia, kita juga niatnya cari uang. Sampai pada satu titik kami di-black list karena menang terus selama hampir enam tahun lamanya,” kata Rizky melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Perbasi gandeng Basket-ID bentuk liga 3×3

Pria berjuluk Boski itu kemudian menambahkan bahwa pada awal dibentuknya Glorius, komunitas itu dipandang sebelah mata. Namun seiring berjalannya waktu serta kegigihan Rizky dan kawan-kawannya, komunitas itu justru menjadi komunitas yang mampu mengukir prestasi.

“Glorius bertahan sampai hari ini tujuannya adalah kasih lihat ke semua orang kalau komunitas juga bisa kontribusi ke basket nasional. Mungkin zamannya “bounty hunter” sudah lewat, pada sepuluh tahun terakhir Glorius fokus untuk memberikan kembali ke komunitas-komunitas di luar sana, apa yang kami dapat untuk kemajuan komunitas juga,” tambahnya.

Rasa cinta Rizky kepada bola basket dan komunitas kemudian membuatnya melangkah ke arah yang lebih serius. Rizky membentuk perusahaan Basket-ID, dengan harapan dapat memberi lebih banyak kontribusi kepada bola basket Indonesia, khususnya 3×3.

“Harapan terbesar tentu agar 3×3 Indonesia bisa menjadi industri dan para pemain muda punya mimpi untuk bela Indonesia ke kancah dunia, karena banyak negara yang dulu tidak kita kenal sebagai negara dengan fokus 3X3 seperti Mongolia, sekarang mereka sudah tiga langkah di depan kita dalam berbagai aspek,” ucapnya.

Perusahaan Basket-ID saat ini juga sudah semakin diakui oleh otoritas bola basket Indonesia, Perbasi. Terkini, PP Perbasi menggandeng perusahaan itu untuk membentuk kompetisi liga bola basket 3×3 pada Mei silam.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2023

What do you think?

Written by Julliana Elora

Segudang harapan Laura Basuki dan Chicco Kurniawan untuk sinema lokal

Gubernur: Porprov XII momentum kebangkitan prestasi olahraga Kalteng