in

[Update 2016] Top 35+ Tempat Wisata di Bandung Paling Trending & Ramai Dikunjungi, Rencanakan Liburan Anda

Bandung memiliki iklim yang sejuk karena topografi wilayahnya yang dikelilingi pegunungan. Kondisi alam yang mendukung, infrastruktur wisata yang baik, serta keramahan masyarakat lokal berdampak pada berbagai tempat wisata di Bandung menjadi tujuan wisata favorit, terutama saat akhir pekan dan masa liburan panjang.

Bagi warga Jakarta, melakukan rekreasi ke Bandung adalah hal lumrah sejak lama. Selain Bandung, Bogor dan kawasan Puncak adalah pula tujuan favorit lainnya dengan akses tempuh yang sangat dekat dari Jakarta, namun kerapkali jalanan menjadi macet akibat padatnya lalu lintas kendaraan. Kedatangan wisatawan domestik ke Bandung memperlihatkan catatan statistik yang besar. Belum lagi kedatangan para penikmat perjalanan dari mancanegara.

Kota Bandung adalah destinasi kuliner yang populer, disamping sentra wisata belanja yang digemari banyak kalangan. Anda dapat menjumpai banyak tempat belanja serta factory outlet yang menawarkan berbagai produk khas dan harga relatif murah. Tempat kuliner Bandung semakin menambah semarak daftar destinasi yang patut dikunjungi oleh para wisatawan selama berlibur di Kota Kembang tersebut.

Baca juga: Top 15+ Tempat Kuliner di Bandung

Tempat Wisata di Bandung

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Bandung paling terkenal dan patut Anda kunjungi saat berlibur di sana.

35. Sendang Geulis Kahuripan

Menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang sedang trending di kalangan penikmat perjalanan, Sendang Geulis Kahuripan adalah sebuah mata air yang membentuk kolam yang dapat digunakan untuk mandi dan bermain. Pemandangan yang terlihat di sekitar kolam ini menghadirkan kesegaran dalam balutan alam yang asri. Berada di daerah perbukitan yang juga merupakan persawahan penduduk, Sendang Geulis Kahuripan memiliki air yang begitu jernih. Berendam dan mandi adalah cara paling populer yang dilakukan wisatawan di tempat ini. Di samping itu, mengambil foto tatkala menyelam atau berada di dalam kolam adalah hal lain yang sering dilakukan pengunjung. Objek wisata Bandung yang satu ini terbilang cukup tren saat ini dikunjungi.

Sendang Geulis Kahuripan via adefirmann

Beningnya air di Sendang Geulis Kahuripan via hens4m

Alamat: Desa Ganjarsari, Kec. Cikalong Wetan, Bandung Barat
Harga tiket masuk: sekitar 10 ribuan

34. The Lodge Maribaya Lembang

Destinasi wisata Lembang yang satu ini pada dasarnya adalah sebuah camping ground. Namun, konsep pelayanannya seperti di hotel berbintang. The Lodge Maribaya Lembang memiliki 25 tenda eksklusif yang setiap tenda difasilitasi kasur, bantal, selimut, serta handuk. Kamar mandi berada terpisah dari area tenda. Bahkan colokan listrik tersedia di dalam tenda. Tanpa berniat untuk menginap atau camping di area ini, Anda dapat menikmati panorama alam yang sungguh indah di sana. Spot paling populer yang sering digunakan untuk berfoto adalah Sky Tree, tempat di mana Anda dapat menyaksian horizon indah pepohonan pinus dari ketinggian. Dibuka sejak pukul 9 pagi sampai 5 sore, Anda dapat beraktivitas seperti bermain panahan. Panah yang digunakan adalah panah sungguhan.

Lanskap indah dari Sky Tree via shelviovi

Salah satu spot menarik lain di The Lodge Maribaya Lembang via hadianoki19

Wahana permainan menarik lainnya via nathalie_smora

Alamat: Jl. Maribaya Timur Km. 6 Kampung, Cibodas, Lembang, Bandung Barat
Harga tiket masuk: 15 ribuan

33. Tebing Keraton

Tebing Keraton berada pada ketinggian sekitar 1.200 meter dpl yang membuat Anda dapat dengan mudah dan jelas menyaksikan lanskap indah Tahura Djuanda yang mempesona. Sejauh horizon memandang, terlihat hamparan hijau hutan yang mengundang decak kagum, dibalut dalam suasana alam yang begitu sejuk dan damai. Saat terbaik datang mengunjungi tempat wisata Bandung yang satu ini adalah saat menjelang sunset dan sunrise. Pesona matahari menyinari bumi dan saat kembali ke peraduannya terlihat sangat mempesona di Tebing Keraton ini. Popularitas Tebing Keraton di Bandung kerapkali hadir dalam bentuk foto yang menghiasa timeline-timeline instagram atau media sosial lainnya.

Panorama menawan dari Tebing Keraton di Bandung via gbyantou

Tebing Keraton Bandung via ayo_jalan2

Alamat: Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Bandung
Harga tiket masuk: 11 ribuan

32. Kolam Sanghyang Heuleut

Inilah salah satu keindahan alam yang menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang trending saat ini, yakni Sanghyang Heuleut. Dari tinjauan sejarahnya, kolam Sanghyang Heuleut adalah sebuah danau yang mengalir pada arus Sungai Citarum Purba. Menurut kearifan lokal, masyarakat di Saguling yang berada dekat dengan Sanghyang Heuleut percaya bahwa kolam ini dahulu sering dikunjungi oleh para bidadari untuk mandi yang turun menggunakan pelangi berwarna indah. Kawasan di sekitar kolam Sanghyang Heuleut terlihat sungguh indah, dengan bebatuan menjulang tinggi yang mengitari kolam serta pepohonan yang hijau. Airnya sungguh jernih, berwarna kehijauan yang berasal dari sebuah air terjun kecil. Lanskap indah yang dimilikinya membuat kolam ini terlihat sungguh eksotis.

Kolam Sanghyang Heuleut via travelingyukcom

Panorama unik dengan bebatuan besar di kolam Sanghyang Heuleut via mercurebandung

Alamat: Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung (sekitar 5 kilometer dari Gapura PLTA Saguling)
Harga tiket masuk: free

31. Kampung Batu Malakasari

Kampung Batu Malakasari pada mulanya adalah sebuah area penambangan batu alam yang dieksploitasi secara tradisional oleh masyarakat lokal sejak tahun 1900. Sejak dilakukan reklamasi pada 2002 yang lalu, area ini membentuk sebuah formasi geologi yang menawan hati dan kini telah bertransformasi menjadi tujuan geo wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Di samping pesona alamnya yang unik, Kampung Batu Malakasari juga dilengkapi dengan berbagai wahana menarik yang digemari wisatawan, seperti wahana danau/perahu dan bukit batu, wahana peternakan sapi, domba, kambing, kelinci dan penangkaran rusa totol, Wahana aneka hewan unggas, wahana perikanan, wahana perkebunan, wahana persawahan, gedung teatrikal serbaguna (Bale Seni Budaya), Anjungan rumah adat Sunda, wahana outbound & Flying Fox, serta Tektona Waterpark yang populer. Sebagai salah satu tempat liburan keluarga di Bandung, Kampung Batu Malakasari hadir ke dalam deretan yang trending di kalangan wisatawan saat ini.

Kampung Batu Malakasari via udh136

Kolam renang tempat anak-anak bermain di Kampung Batu Malakasari via bunda_kembar_eza_ezi

Alamat: Jalan Raya Banjaran Rencong, Malakasari, Bale Endah, Bandung
Harga tiket masuk: tergantung paket

What do you think?

Written by virgo

Mourinho hanya beli pemain Januari nanti jika MU jual pemain

[Update 2016] Catat! 34+ Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Diburu Banyak Penikmat Perjalanan