in

Upiak Isil, Penyanyi ”Tak Tun Tuang”

Kerap Di-Bully, Sebut Baru Langkah Awal  

Viral di negeri orang dengan lagu Tak Tun Tuang-nya, membuat Upiak Isil semakin dikenal. Tak hayal, banyak para youtuber yang terus men-cover Tak Tun Tuang dengan berbagai versi. Bagaimana kisahnya?

Aku belum mandi, tak tun tuang 2x
Tapi masih cantik juga, tak tun tuang 2x
Apa lagi kalau sudah mandi tak tun tuang
Pasti cantik sekali

Kalau orang lain melihat ku ,tak tun tuang 2x
Badak aku taba bana, tak tun tuang 2x
Tapi kalau langsuang di idua, tak tun tuang
Astaghfirullah baunya

Siapa sangka, penggalan syair kekocakan lagu Tak Tun Tuang di atas membuat sang penyanyi Upiak Isil semakin terkenal. Keviralan Tak Tun Tuang pun justru di terjadi di luar negeri. Buktinya, sang penyanyi sudah memenuhi beberapa undangan dan tampil di talk show ternama di negara Malaysia dan Thailand. Sebelum, akhirnya menjadi viral pula di negeri sendiri.

Kepada Padang Ekspres, Upiak Isil merasakan keharuan dan kebahagian atas pencapiannya itu. Diakuinya, lagu tersebut sebenarnya bukanlah lagu baru bagi Upiak Isil. Pasalnya, lagu Tak Tun Tuang sudah diorbitkannya tahun 2014 lalu.

Keviralan Tak Tun Tuang itu bermula dari banyak youtuber yang meng-cover lagu tersebut, sehingga lagu itu semakin tersohor di dunia maya. Ia pun diundang dan diajak temannya ke Malaysia untuk show lagu tersebut.

Awalnya, dia sempat tidak yakin. Namun, temannya warga Malaysia yang lama menetap di Padangpanjang itu mampu meyakinkannya. Sehingga, dia mendapat kesempatan tampil di Negeri Jiran.

”Lagu Tak Tun Tuang itu sudah lama, ternyata lagu itu disukai banyak orang di Malaysia, Isil diundang ke sana. Di samping itu, Isil juga diundang tampil di Thailand,” sebut Upiak Isil ketika dihubungi Padang Ekspres, kemarin (8/12).

Sejak itulah, nama Upiak Isil dengan Tak Tun Tuang-nya semakin melejit. Bahkan, penyanyi luar negeri pun juga ada yang meng-cover. Sebut saja Audun Kvifland si penyanyi Nasi Padang dan Ian Kasela sang vokalis band Radja.

Perihal lagu itu, menurut Upiak Isil, sebenarnya berasal dari seniman Minang terdahulu. Namun, Upiak Isil melakukan perombakan pada sejumlah lirik dan menambahkan kata-kata Tak Tun Tuang.

”Memang lagu itu sudah dilakukan perombakan sekitar 75 persen dari penyanyi terdahulu. Di mana, pencipta lagu itu teman Isil bernama Ardi. Namun, Isil merombaknya hingga menjadi lagu Tak Tun Tuang yang Isil produseri sendiri tahun 2014 itu,” aku penyanyi yang mulai berkarir sejak umur 13 tahun itu.

Kini, Tak Tun Tuang pun semakin menggema. Penyanyi Minang bergendre komedi itu semakin dikenal masyarakat luas. Biar begitu, Upiak Isil menyebut, apa yang telah dicapainya saat ini barulah awal untuk menapaki karier. Dia pun bertekad berjuang untuk lebih baik lagi.

”Pencapaian saat ini bisa menjadi motivasi besar bagi Isil untuk lebih baik. Semua ini permulaan dan sedikit pintu celah yang terbuka. Mudah-mudahan bisa membuka lebih luas lagi dan memberikan dampak bagus untuk musik Minang tentunya,” ucap pemilik nama asli Sipia Nanda itu.

Kendati sudah terkenal, namun pemilik 20 album itu kerap pula di-bully di media sosial. Penyanyi kelahiran 24 Desember 1985 itu, dianggap tidak mengakui bahwa Tak Tun Tuang itu lagu orang lain.

”Nyatanya, Isil menjalin komunikasi dan meminta izin untuk merombak lagu ciptaan Ardi itu. Sampai saat ini, komunikasi Isil dengan bersangkutan masih baik. Semoga ke depan tidak ada lagi bullyan Isil terima,” harap penyanyi asal Ampekangkek, Agam itu. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Panglima TNI Janji Netral di Tahun Politik

Hari Disabilitas Internasional dan Trotoar