in

UPT SD Negeri 30 Singgalang: Aplikasi Canva, Strategi Pembelajaran Efektif dan Inovatif

Indry Dwivayana Saputri, S.Pd
(GURU UPT SDN 30 SINGGALANG)

Tak dapat dimungkiri, perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini, merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi dunia pendidikan. Bahkan perkembangan zaman menuntut dunia pendidikan untuk senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi sebagai peningkatan mutu pendidikan.

Peningkatan mutu pendidikan pada masa mendatang diperlukannya sistem informasi yang mana tidak hanya berfungsi sebagai sarana pendukung, tetapi sebagai modal utama. Perkembangan pembelajaran yang berbasis teknologi sangat diperlukan saat ini, sehingga pendidikan Indonesia dapat bersaing di era globalisasi.

Aplikasi teknologi yang dapat digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran sangatlah banyak. Salah satu aplikasi yang mudah digunakan oleh guru adalah aplikasi canva. Aplikasi Canva dapat digunakan atau dipakai melalui gawai ataupun laptop.

Cara memakainya juga tidak terlalu sulit, sehingga dapat memudahkan guru dan siswa sekolah dasar untuk memanfaatkannya sebagai media pembelajaran. Aplikasi canva adalah program desain online yang menyediakan bermacam media pembelajaran seperti presentasi, resume, poster, pamphlet, brosur, grafik, infografis, spanduk, penanda buku, bulletin dan lain sebagainya.

Dari berbagai jenis media pembelajaran yang ada di canva, yang menarik sekali salah satunya adalah presentasi. Presentasi pada canva mirip penggunaannya dengan power point pada microsoft. Tetapi pada canva kita tidak perlu mendesain tampilan presentasi karena di canva sudah tersedia template presentasi tinggal edit tulisannya saja.

Kemudian, kelebihan dari canva ada berbagai jenis presentasi tinggal edit. Adapun jenis-jenis presentasi yang ada pada canva seperti presentasi kreatif, pendidikan, bisnis, iklan, teknologi dan lain sebagainya. Sebagai aplikasi teknologi, Canva menyediakan ruang belajar untuk setiap guru dalam melaksanakan suatu pembelajaran dengan mengandalkan media pembalajaran berbasis teknologi.

Canva menyediakan lebih banyak template menarik dapat di sajikan dalam bentuk power point, memberi warna, gambar, huruf, dan lain sebagainya agar produk power point yang dibuat untuk menyampaikan materi menjadi lebih menarik.

Kelebihan aplikasi canva selanjutnya adalah (1) memiliki beragam desain yang menarik; (2) mampu meningkatkan kreativitas guru dan siswa dalam mendesain media pembelajaran karena banyak fitur yang telah disediakan; (3) menghemat waktu dalam media pembelajaran secara praktis; (4) dalam mendesain, tidak harus memakai laptop, tetapi dapat dilakukan melalui gawai.

Selain kelebihan canva ini juga memiliki kekurangan, yaitu bila ingin menggunakan canva ada beberapa template yang berbayar, tetapi hal ini tidak menjadi masalah, dikarenakan banyak template yang bagus tetapi gratis saat dipakai. Selain dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran, canva juga bisa digunakan guru dalam membuat bahan ajar.

Membuat bahan ajar dengan tampilan presentasi yang inovatif, dengan canva guru juga dapat memakai template dengan warna menarik dan tambahan font lainnya. Kemudian, memperindah background video pada saat ditampilkan. Begitu juga tersedianya poster, infografis, resume, dan selembaran yang dapat dipakai dan digunakan.

Tidak hanya guru yang dapat menggunakannya, bila mana guru menganjurkan untuk membuat suatu video, presentasi, poster, dan lain sebagainya yang berisi penjelasan, tutorial ataupun lainnya, siswa diharapkan dapat mengoperasikan dan membuat desain yang menarik. Keuntungan yang didapatkan selain mendapat ilmu dalam pembelajaran, siswa juga belajar untuk kreatif, terampil, dan inovatif dalam mengembangkan materi yang dipelajari.

Aplikasi Canva sangat membantu membantu guru dan siswa sekolah dasar dalam melakukan pembelajaran yang berbasis teknologi, keterampilan, dan kreartivitas. Mari para guru belajar teknologi agar pembelajaran menarik dan sesuai dengan zamannya siswa. Jangan monoton menggunakan media pembelajaran yang biasa-biasa saja sehingga pembelajaran menjadi membosankan bagi siswa.

Ayo, para guru mari kita mulai melek teknologi dan belajar teknologi serta saling berbagi. Pembelajaran yang bagus bukan hanya sekedar mentransfer ilmu tapi kesan yang diterima oleh siswa, apakah pembelajaran mengesankan atau tidak bagi mereka. Juga diharapkan melalui aplikasi canva mampu memberikan pembelajaran yang positif, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai media pemebelajaran berbasis teknologi abad 21. (Indry Dwivayana Saputri, S.Pd, GURU UPT SDN 30 SINGGALANG)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ungkap Dugaan TPPO Terkait Pengungsi Rohingya, Presiden: Akan Ditindak Tegas

SMP Negeri 2 Lintau Buo Utara, Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran PAI