in

UPTD SD Negeri 01 Pilubang di Porsenag 2022, Pencetak Atlet Voli Terbanyak

BANGGA : Para guru UPTD SDN 01 Pilubang
yang ikut memperkuat tim voli putri PC Harau bikin bangga nama sekolah.(IST)

Event Pekan Olah Raga, Seni, dan Agama (Porsenag) memang sudah berlalu. Namun tak sedikit guru yang antusias dalam mengikuti event yang diadakan setiap tahun ini. Bahkan pada pelaksanaan tahun ini, paling mengesankan bagi UPTD SDN 01 Pilubang.

Meski hanya bisa menempatkan diri sebagai peringkat harapan I. Selain itu, kegiatan seperti ini juga sangat bermanfaat untuk mempererat persatuan para guru dalam membangun kejujuran, sportivitas, serta mental tangguh.

Tujuannya tentu untuk memulihkan pendidikan Indonesia yang kuat, demi kemajuan Indonesia. Porsenag ini diselenggarakan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Limapuluh Kota. Kegiatan ini dinilai strategis, terutama dalam hal peningkatan silaturahmi dan solidaritas antar anggota PGRI se-Kabupaten Limapuluh Kota.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan semua anggota PGRI mampu berfikir, bertindak, dan bersikap secara profesional dalam bekerja, yang pada nantinya akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia berdaya saing yang berlandaskan keimanan.

Demikianlah inti dari pesan Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo ketika memberikan amanat sebagai pembina upacara Pembukaan Porsenag PGRI Tingkat Kabupaten Limapuluh Kota di Lapangan Nagari Sitanang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Sabtu (19/11) lalu itu.

Porsenag PGRI tingkat Kabupaten Limapuluh Kota kembali diadakan tahun ini, setelah sukses diselenggarakam tahun lalu di Kecamatan Luak. Lomba yang diadakan setiap tahun tersebut dalam rangka memperingati Hari Guru tahun 2022 serta Hari PGRI ke 77.

Pada acara Porsenag tahun ini, Kecamatan Lareh Sago Halaban berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan yang dipusatkan di UPTD SMPN 5 Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Porsenag tahun ini diadakan selama tiga hari, mulai tanggal 19-21 November 2022. Diikuti oleh 13 Kecamatan di Limapuluh Kota dengan total peserta mencapai 1.340 peserta, baik itu PNS, PPPK, dan Tenaga Honorer.

Ada sembilan cabang yang diperlombakan pada ajang Porsenag tahun ini, di antaranya, di bidang olah raga sepakbola, bola voli, dan badminton. Bidang seni ada lomba tari minang dan lomba menyanyi solo.

Sementara itu, untuk bidang akademik ada lomba keterampilan mengajar melalui video dan lomba best practice. Terakhir pada bidang keagamaan ada Lomba MTQ dan MSQ. Untuk memeriahkan acara Porsenag tahun ini, UPTD SD Negeri 01 Pilubang ikut andil dalam mengirimkan para atlet yang ikut bertanding membawa nama PC Harau, terutama untuk cabang Voli Putri.

Dari beberapa sekolah yang ada di Kecamatan Harau, UPTD SD Negeri 01 Pilubang merupakan sekolah yang mengirimkan atlet voli putri terbanyak. Dari 11 atlet voli putri PC Harau, lima orang atlet berasal dari UPTD SD Negeri 01 Pilubang.

Di antaranya Dina Rospita, Risna Wati, Nela Yulida, Syairam dan juga Rika Sunelti selaku penulis. Semua atlet Voli Putri PC Harau dari UPTD SD Negeri 01 Pilubang ini tidak ada yang berlatar belakang sebagai guru olah raga.

Dina Rospita adalah Operator sekolah, Risna Wati adalah guru mata pelajaran PQ, Nela Yulida adalah guru Bahasa Inggris, sedangkan Syairam dan saya Rika Sunelti adalah guru kelas. Di mana kegiatan sehari-hari kami jarang sekali bersentuhan dengan bola voli.

Namun pada saat diadakannya acara seleksi anggota voli putri untuk PC Harau yang diadakan selama tiga hari oleh Masrimal selaku koordinator voli putri untuk PC Harau, lima orang kami guru dari UPTD SD Negeri 01 Pilubang yang ikut seleksi, ternyata kelimanya lulus seleksi untuk ikut bertanding di acara porsenag PGRI tingkat Kabupaten Limapuluh Kota.

Yurnalis selaku kepala sekolah, merasa bangga dengan hal ini. Selain bisa ikut berperan aktif sebagai panitia di acara Porsenag PGRI tingkat Kabupaten Limapuluh Kota, juga bisa melepas beberapa orang atlet dari sekolah yang dipimpinnya.

Selain dari atlet voli putri yang berjumlah lima orang, masih ada lagi atlet yang berasal dari UPTD SD Negeri 01 Pilubang yaitu Arie Rahman Ridha dari cabang sepak bola. Yurnalis memberikan semangat dan motivasi agar kami memiliki daya juang dalam bertanding, sehingga dapat memberikan hasil yang positif dan baik, karena kami tidak hanya membawa sekolah tapi juga nama Kecamatan.

“Mari tingkatkan semangat bertanding kita, tunjukan daya juang kita sebagai atlet yang sudah terpilih untuk bertanding. Berikan kemampuan terbaik agar apa yang kita berikan dan tunjukan nanti memberikan rasa kebanggaan untuk diri kita sendiri dan juga semua orang, dan PC Harau khususnya. Jangan lupa perhatikan kondisi tubuh, jaga fisik dan kesehatan kita. Serta tidak lupa tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar apa yang kalian jalankan, selalu diberikan kemudahan dan kelancaran,” ujar Yurnalis selaku kepala sekolah sehari sebelum acara pembukaan memotivasi kami.

Berkat kerja sama dan kekompakan team voli putri PC Harau, kami sukses memberikan kemampuan terbaik kami pada acara porsenag PGRI Tingkat Kabupaten Limapuluh Kota.
Walaupun PC Harau hanya meraih Juara Harapan I, namun kami merasa cukup bangga.

Karena hanya dengan berlatih lebih kurang selama dua bulan, tapi kami mampu mengantarkan tim Voli Putri PC Harau untuk maju ke babak semi final. Itu adalah hasil terbaik kami. Mudah-mudahan untuk kedepannya kami bisa memberikan yang lebih baik lagi untuk PC Harau Khususnya untuk UPTD SD Negeri 01 Pilubang. (***).

What do you think?

Written by Julliana Elora

Intip Suksesnya Festival Cepak Cepoang Nagari Limau Gadang Lumpo

Personel Polda Sumbar Sabet Medali Kejurnas Gulat