in

UPTD SMP N 1 Kecamatan Payakumbuh, Fun In Meet Up Day 2023

Sri Wiyanti, S.S
(GURU UPTD SMPN 1 PAYAKUMBUH)

Rabu, 15 Maret 2023 MGMP Bahasa inggris Limapuluh Kota mengadakan kegiatan meet up day. Meet up day adalah kegiatan yang dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada murid– murid SMP sekabupaten Limapuluh Kota untuk saling berinteraksi sesama mereka dengan menggunakan bahsa inggris.

Kegiatan meet up day ini digagas pertama sekali oleh seorang Sukarelawan yang berasal dari Australia yaitu Rei Ohashi pada tahun 2019. Rei datang ke Limapuluh Kota dengan mengikuti program AVI (Australia volunteer of Indonesia). Karena pandemi covid 19 acara meet up day ini tidak dapat dilaksanakan setiap tahun.

Baru pada tahun 2023 ini kegiatan meet up day dapat dilakukan Kembali. Kegiatan ini semula akan diadakan di Lembah Harau. Namun karena beberapa hari sebelum kegiatan dimulai hari yang kurang bersahabat maka kegiatan ini dipindahkan ke gedung IPHI yang berlokasi di dekat SMAN 1 Harau, Tanjungpati.

Acara meet up day ini dibuka oleh Bupati Lima Puluh Kota. Acara didahului dengan menyanyikan lagu Indonesia, yang diikuti oleh seluruh hadirin. Selanjutnya pembacaan doa. Dilanjutkan dengan penampilan dari seorang murid dengan menyanyikan lagu berbahasa Inggris.

Dilanjutkan laporan dari koordinator MGMP Bahasa Inggris Limapuluh Kota yaitu Yanti Efrina M.Pd. Beliau menyampaikan beberapa informasi mengenai kapan meet up day. Pertama sekali diadakan dan siapa yang menggagas acara ini, serta ucapan terima kasih atas kedatangan bapak bupati.

Sebelum pembukaan dari bupati, diselingi dengan penampilan story telling dari murid SMPN 1 kec Harau,dimana penampilannya sangat memukau hadirin. Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo untuk menyampaikan kata sambutan dan pembukaan acara meet up day.

Beliau sangat menyambut baik pelaksanaan acara ini, dan memberikan kata sambutan dengan menggunakan Bahasa Inggris, ternyata Bahasa Inggris beliau juga sangat baik sekali. Selanjutnya beliau memberikan pantun yang dijawab oleh hadirin dengan mengucapkan “cakap” setelah bait per bait disampaikan.

Safarudin juga memberikan banyak apresiasi kepada MGMP Bahasa Inggris dalam pelaksanaan meet up day ini. Beliau juga memberikan motivasi kepada murid–murid untuk selalu belajar Bahasa Inggris mengingat pentingnya bahasa inggris dalam pergaulan dan mencari pekerjaan. Acara terakhir dengan Bupati yaitu foto bersama.

Bahkan bupati tidak segan–segan memegang hp kami untuk berfoto bersama-sama. Lalu, usai itu, kami membagi 7 kelompok murid. Di mana tiap kelompok memiliki 10 sampai 12 orang anak dan kami membagi menjadi 5 pos kegiatan yang didampingi beberapa orang guru. Pos pertama kami namakan whispering game.

Cara mainnya pendamping pos membariskan peserta, pendamping pos membisikkan kata–kata. Setelah itu peserta pertama juga membisikkan ke temannya sampai ke peserta terakhir. Dan peserta terakhir menyebutkan dengan keras–keras apa yang dia dengarkan. Game ini sama dengan pesan berantai.

Pos kedua dinamakan dengan hunting treasure. Game ini terdiri beberapa petunjuk–petunjuk peserta untuk mengikuti petunjuk tersebut, sehingga mereka dapat menemukan benda. Pos ketiga dinamakan dengan Observe dan remember.

Dalam pos ini pembimbing pos menyediakan bermacam-macam benda yang diletakkan di atas benda lalu diberikan kesempatan kepada peserta untuk melihat dan mengingatnya, setelah itu peserta menuliskan nama benda tersebut tentu dalam Bahasa Inggris.

Pos ke keempat Completing Song. Game ini dimainkan dengan mendengarkan sebuah lagu, pendamping pos membagikan kertas yang berisikan lirik lagu yang mereka dengar. Tapi dalam bentuk liriknya rumpang dan mereka melengkapi lirik tersebut.

Pos kelima dinamakan Guessing word. Game ini diberikan kepada seorang peserta dan yang lain menebak nama kata–kata yang dimaksud dengan mengajukan pertanyan–pertanyaan.

Untuk acara pemunjaknya rangking satu, ada beberapa pertanyaan dalam Bahasa Inggris yang harus dijawab oleh murid–murid. Bagi yang masih pertahan sampai ke pertanyaan terakhir dialah menjadi juara 1.

Alhamdulillah kegiatan meet up day pada tahun 2023 ini berjalan dengan lancar dan meriah. Harapan kami MGMP Bahasa inggris dapat melaksanakan meet up day ini setiap tahun, dengan peserta lebih banyak lagi. (Sri Wiyanti, S.S, GURU UPTD SMPN 1 PAYAKUMBUH)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Buya Nasril Zainun, Mubalig Muhammadiyah: Waspadai Adu Domba dan Cela Ulama

SMP Negeri 1 Kecamatan Harau, Pentingnya Pelatihan Mandiri di PMM