in

UPTD SMP Negeri 2 Kecamatan Luak, Dua Gelar Juara Dari Harau Run 10 K Bikin Bangga

BIKIN BANGGA: Putri Angeli dan Dea
Nita Putri tampil membanggakan SMPN
2 Kecamatan Luak usai menjadi Juara II
dan III di Harau Run 10 K.(TIM LAMAN GURU)

Jika dilihat dari historisnya, SMPN 2 Kecamatan Luak merupakan salah satu sekolah Menengah Pertama yang berada di Kecamatan Luak Kabupaten Limapuluh Kota, tepatnya di Kenagarian Tanjung Haro Sikabu-Kabu Padangpanjang.

Walaupun SMP Negeri ini masih seumur jagung, tetapi telah banyak menciptakan prestasi di bidang olahraga terutama olahraga atletik. Mulai dari berdirinya SMP ini sejak awal tahun 2000-an sampai sekarang, setidaknya sekolah ini telah menciptakan atlet-atletik tingkat nasional.

Sebut saja sejumlah nama seperti Aprilia Kartika dan Wahyudi yang sekarang terdaftar sebagai atlet pelatnas Indonesia. Dari sinilah motivasi itu hadir. Apalagi kontur daerah yang sangat memadai untuk menekuni dunia atletik merupakan nilai tambahnya.

Cukup banyak, siswa dan siswi SMPN 2 Kecamatan Luak yang selalu mengukir prestasi dari setiap perlombaan atletik, baik tingkat kecamatan, kabupaten bahkan provinsi.

Bahkan baru-baru ini, prestasi kembali ditorehkan oleh siswa SMPN 2 Kecamatan Luak. Kali ini dari Ajang Kejuaraan Harau Run 10 K kategori pelajar yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga.

Perlombaan Harau Run 10 K kategori pelajar ini sendiri adalah event lomba untuk memajukan prestasi olahraga Kabupaten Limapuluh Kota khususnya dalam rangka mendukung sport tourism. Event ini digelar pada Minggu (17/12) dengan rute dari kompleks kantor Bupati Limapuluh Kota dan berakhir di Jalan Air Terjun Lembah Harau.

Dari Kejuaraan Harau 10 K ini, Putri Angeli dan Dea Nita Putri, yang merupakan siswi SMPN 2 Kecamatan Luak berhasil meraih juara 2 dan juara 3 untuk kategori pelajar, mengalahkan lebih kurang 3.000 pelari.

Di mana juara 2 diraih oleh Putri Angeli atau yang biasa disapa Angel dan Dea Nita Putri (Dea) meraih juara 3. “Alhamdulillah Dea bisa meraih juara 3,” kata ibunya Dea.

“Padahal awalnya Dea berkeinginan sekali duduk di peringkat 2, tapi ya ndak papa dapat peringkat 3,” tambah ibunya lagi sambil tersenyum.

Dea mengungkapkan bahwa dia dan Anjel yang merupakan siswi kelas VII.1 SMPN 2 Kecamatan Luak merupakan anak didik dari pelatih Fredy. Mereka setiap hari latihan di Sungai Baringin bersama anak didik Fredy yang lainnya.

“Saya berangkat dari rumah pukul 14.30 dan kembali ke rumah pukul 06.30 pagi. Kadang-kadang langsung ke sekolah dari tempat latihan,” ujar Dea yang merupakan siswa kelas VIII.2 SMP N Kecamatan Luak dengan semangat.

Siswi kelas 8 ini mengungkapkan bahwa dia dan teman-temannya latihan mulai dari pukul 15.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Kemudian pada malam harinya mereka kembali latihan dari pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Selanjutnya setelah salat subuh latihan kembali dilaksanakan sampai pukul 06.30 WIB. Dea yang merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Bakat atletiknya sudah tampak sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Berkat kegigihan dan ketekunannya berlatih, Dea mampu mengembangkan bakatnya itu. Setiap pertandingan Dea selalu didampingi ibunya yang sehari berjualan sayuran di Pasar Ibuh dengan setia.

Usaha tidak mengkhianati hasil. Itulah ungkapan yang tepat buat Dea dan Anjel. Berkat kegigihan dan keseriusan latihan, mereka berhasil menyabet juara 2 dan 3 pada lomba Harau Run 10 K yang merupakan puncak dari rangkaian kegiatan kejuaraan Olahraga Multi event dalam rangka mendukung sport tourisme.

Mudah-mudah tanggal 22 Desember ini mereka berdua kembali mengharumkan nama SMPN 2 Kecamatan Luak dan nama Kabupaten Limapuluh Kota di Kabupaten Sijunjung.

Atas capaian Ananda Anjel dan Dea tentunya seluruh civitas akademika SMPN 2 Kecamatan Luak menyampaikan selamat serta turut berbangga.

Semoga dengan prestasi ini menjadi penyemangat bagi seluruh civitas akademika untuk terus berkarya. Berbagi dan menginspirasi. Sekali lagi, selamat untuk Angel dan Dea. Terus tingkatkan prestasimu nak. (Ira MDK, S.S, GURU SMPN 2 KECAMATAN LUAK)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Kasda Diisukan Kosong, Sekkab Bilang Hoax

UPTD SMP Negeri 1 Lareh Sago Halaban: Guru Idola, Guru Yang Menginspirasi