in

Wadah Berkreativitas Guru

SATUKAN TEKAD: Kepala Disdikbud
Pasbar, Agusli bersama Penanggung
Jawab Laman Guru Padang Ekspres,
Zulkarnaini berkomitmen untuk menggembangkan
literasi di Pasaman
Barat dalam waktu dekat.(ROHIMUDDIN/PADEK)

Sebagai instansi yang bertanggungjawab terhadap pengembangan pendidikan di Pasaman Barat (Pasbar), Dinas Pendidikan dan kebudayaan Pasbar, tentunya memiliki harapan besar terhadap pengembangan kompetensi guru dan siswa.

Saat ini, Pasbar juga sudah memiliki guru penulis pegiat literasi yang memiliki keinginan tinggi untuk menulis. Hanya saja, saat ini masih belum mendapatkan wadah yang tepat untuk menyalurkan minat dan bakat para guru.

Untuk mengakomodir persoalan itu, Padang Ekspres memiliki Laman Guru yang notabene untuk mengakomodir dan memfasilitasi keinginan para guru untuk memproduksi tulisannya. Sehingga ke depannya, semua guru yang ada di Pasbar bisa menyalurkan tulisannya ke Koran Terbesar dari Sumbar.

Kehadiran Laman Guru Padang Ekspres ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasbar, Agusli. Dia berharap, Padang Ekspres, bisa mengakomodir setiap tulisan yang akan dikirim para tenaga pendidiknya nanti.

“Bagus ini. Sebenarnya kami juga memiliki guru-guru pegiat literasi. Jadi dengan adanya Laman Guru, para guru bisa lebih giat lagi dalam menulis,” ujar Agusli kepada Padang Ekspres, di Ruang Kerjanya, Rabu (24/8).

Dia juga tidak menampik, guru di Pasbar jumlahnya mencapai ribuan orang. bahkan dari jumlah itu, juga sudah banyak di antara mereka yang melahirkan buku. Hanya saja keberadaannya saat ini tidak terekspose dengan baik.

Karena itu, dengan adanya Laman Guru Padang Ekspres dia yakin akan banyak guru-guru Pasbar melahirkan tulisan. Karena, menulis dan dimuat media, ini juga bisa menjadi kredit poin bagi mereka.

Sebab menurutnya, siswa yang cerdas sangat bergantung dengan wawasan yang dimiliki para gurunya. Untuk itu peningkatan dan pengembangan wawasan guru sangat menentukan kecerdasan generasi Pasbar di masa yang akan datang.

Dia juga tidak memungkiri, jika saat ini Pasbar masih butuh sentuhan, baik dari segi pembangunan infrastruktur, maupun untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) agar bisa terus menjadi daerah yang berkembang, atau saman dengan daerah lainnya yang ada di Sumbar.

“Bagaimanapun, pendidikan adalah faktor penentu kemajuan suatu daerah. Karena itu, kami sangat berharap sekali pembangunan literasi di Pasbar lebih baik lagi, demi mewujudkan masyarakat Pasbar yang lebih berkembang dan maju,” akunya.

Dan ke depan, pihaknya juga tertarik untuk bisa membuat Laman Guru Pasaman Barat. Sehingga para guru bisa menulis secara kontiniu dan juga bisa menjadi wadah pembelajaran bagi penulis pemula. (roy)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Arif Zaiman Salelenggu, Guru SMA Negeri 1 Siberut Tengah: Voli dan Karate!

Perencanaan Berbasis Data Dukung Mutu Sekolah di Pasbar