in

Wagub Apresiasi Pemkab OKUS

Dukung Pencegahan Perdagangan Orang

Palembang, BP

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan yang mendukung kegiatan sosialisasi pencegahan tindak pidana perdagangan orang yang digelar di Pendopoan Bupati OKU Selatan, Kamis (6/4).

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki yang hadir langsung mengajak masyarakat OKU Selatan agar menjaga warga supaya tidak terjadi kasus tersebut di wilayah ini.

“Mari kedepan bersama-sama mencegah persoalan tindak pidana perdagangan orang ini,” kata Ishak yang juga merupakan Ketua Gugus Tegas Pencegahan dan Penangan Tindak Pidana Perdagangan Orang (GT-PPTPPO) Provinsi Sumsel ini.

Menurutnya, tindak pidana perdagangan orang merupakan masalah yang serius baik dari sisi sosial, politik, budaya, lingkungan dan ekonomi maupun harga diri dan martabat bangsa. Pada 2015 sampai 2017 terdapat beberapa kasus tindak pidana perdagangan orang yang ditangani oleh gugus tugas tindak pencegahan dan penanganan tindak pidana perdagangan orang Sumsel dengan korban 15 orang.

“Seperti Tahun 2015 sebanyak empat kasus dengan korban tujuh orang, tahun 2016 sebanyak lima kasus dengan korban delapan orang dan tahun 2017 sebanyak satu kasus dengan korban dua orang,” jelas dia.

Penyebabnya, lanjutnya, bisa terjadi oleh kemiskinan, terbatasnnya lapangan pekerjaan, terlalu percaya kepada agen/perekrut dan lainnya. Di samping itu, masalah pelakunya sendiri biasanya orang terdekat (orang tua,paman,kenalan) dan germo/mucikari/mami/papi.

Mereka juga, sambung Ishak Mekki, melakukan modus dengan berbagai cara seperti pengiriman tenaga kerja, duta seni dan budaya, perkawinan pesanan, pengangkatan anak, pemalsuan dokumen (KK/KTP), kerja paksa, penculikan dan lainnya.

“Dengan adanya sosialisasi ini kami berharap kepada kita semua agar menjaga masyarakat kita supaya tidak terjadi kasus tersebut di wilayah kita. Jangan cepat percaya dengan bujukan dan janji-janji seperti akan bekerja di luar negeri dengan iming-iming dapat gaji besar, “tutupnya.

Sementara itu, Bupati OKU Selatan Popo Ali mengatakan, semoga sosialisasi pencegahan tindak pidana perdagangan orang memberikan solusi dalam pencegahan kasus tersebut. Diharapkan dapat menyerap apa yang diterapkan dan dapat memberikan tindakan kasus tersebut.

“Saya harap melalui sosialisasi ini, sampai mulai ditingkat desa mempunyai pemikiran sehingga kedepan dapat mencari pencegahan dengan dilakukan bersama-sama,” pungkasnya. #rio

What do you think?

Written by virgo

Lessa Korek Kekuatan PS TNI

Lemahnya Perlindungan TKI