in

Warga Rangkiangluluih Minta Prioritasi Bangun Jalan Kapujan-Sungainanam!

TINJAUAN: Bupati Solok Epyardi Asda meninjau kondisi jalan di Nagari Rangkiangluluih, Kecamatan Tigolurah.(IST)

Masyarakat Nagari Rangkiangluluih, Kecamatan Tigolurah minta Pemkab Solok memberikan bantuan pembangunan Jalan Kapujan-Sungainanam, untuk mempermudah akses masyarakat. Khususnya dalam mendukung aktivitas perekonomian.

”Jalan Kapujan-Sungainanam ini sangat penting bagi masyarakat setempat, karena jika jalan itu ada, maka masyarakat bisa menghemat ongkos dalam memasarkan hasil pertanian mereka,” ujar Wali Nagari Rangkiangluluih, Abu Tasar, Senin (20/6).

Dijelaskannya, dalam satu tahun terakhir, memang beberapa pembangunan telah dilakukan, beberapa akses jalan sudah layak untuk dilewati. Hal tersebut merupakan sebuah kemajuan bagi nagari.

Meskipun demikian, ia menyebut Nagari Rangkiangluluih masih kategori daerah tertinggal, dan banyak yang harus dilakukan. Karena itu ia meminta bantuan Pemkab Solok dalam menyikapi keterbatasan akses di nagari tersebut.

”Akses jalan menjadi sangat vital bagi nagari, terutama dalam mendukung kemajuan nagari di sektor ekonomi masyakat,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Solok Epyardi Asda menyebut, saat ini pihaknya sudah melakukan langkah-langkah untuk mewujudkan pembangunan di Tigolurah, salah satunya bekerjasama dengan anggota DPR-RI, Athari Gauthi.

”Saya masih berjuang untuk membangun Tigolurah. Berbagai program sudah kita ajukan ke Pemerintah Pusat, negosiasi masih berjalan, dan semoga ke depannya bisa kita lakukan upaya pembangunan jalan ini,” ujarnya saat mengunjungi Rangkiangluluih, Senin (20/6).

Tahun 2022, pihaknya menyebut sudah menganggarkan Rp 8 miliar lebih untuk pembangunan di Tigolurah, khususnya dalam membangunan jalan. Sarana telekomunikasi dan lainnya, apalagi seluruh nagari di Tigolurah berstatus daerah tertinggal.

Ia juga sudah mengadakan 1 ekskavator khusus untuk Kecamatan Tigolurah, yang nantinya juga bisa digunakan untuk membuka jalan usaha tani. Serta untuk mempermudah jalur transportasi yang ada di kawasan itu.

”Kita semua akan selalu mengusahakan agar Tigolurah ini lepas dari daerah terisolir,” tukasnya. (frk)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Bangun Pariwisata, Sumbar Terbuka Untuk Investor

Buronan!! Pelaku Curanmor Dapat Hadiah Timah Panas! Beraksi di 2 Daerah