in

Wawako Palembamg dorong PDAM peluas jangkauan air bersih

Palembang (ANTARA) – Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mendorong Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi memperluas jangkauan pelayanan air bersih hingga pelosok Ibu kota Provinsi Sumatera Selatan itu.

“Pelayanan air bersih di kota ini sudah cukup baik di atas 80 persen atau lebih 300 ribu pelanggan, untuk memperluas jangkauan pelayanan, perusahaan daerah itu didorong meningkatkan produksi air bersih dan pengembangan jaringan pipa distribusi,” kata Wawako Fitrianti di Palembang, Jumat.

Menurut dia, pihaknya terus berupaya memfasilitasi masyarakat yang hingga 2023 ini belum memperoleh pelayanan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi.

Dengan peningkatan produksi air bersih dan pengembangan jaringan pipa distribusi, diharapkan dalam beberapa tahun ke depan, pelayanan air bersih bisa menjangkau seluruh masyarakat yang tersebar di 107 kelurahan dalam wilayah 18 kecamatan, kata Fitrianti.

Sebelumnya Dirut PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya menjelaskan bahwa pada tahun ini pihaknya menjalankan proyek peningkatan produksi air.

Sekarang ini tengah berjalan proyek instalasi pengolahan air bersih (IPA) dengan kapasitas terpasang 500 liter per detik di wilayah Kecamatan Gandus untuk 40.000 sambungan pelanggan baru.

Kemudian IPA di kawasan Kecamatan Kalidoni Palembang dengan kapasitas 250 liter per detik untuk 20.000 sambungan baru.

Jika proyek pembangunan instalasi pengolahan air bersih itu selesai, dapat melayani 60 ribu sambungan baru.

Masyarakat di kawasan Kecamatan Gandus dan Kalidoni Palembang yang sudah masuk dalam daftar tunggu pelanggan PDAM Tirta Musi akan menjadi prioritas pelayanan sambungan baru setelah proyek tersebut selesai pada pertengahan 2024, ujar Dirut PDAM Tirta Musi.

What do you think?

Written by Julliana Elora

 2023, BI Perkirakan Inflasi di Sumbar Mereda

Menteri PANRB: Transformasi Penataan JF Kini Akomodasi Aspirasi Pejabat Fungsional