in

Yuliandre Darwis: Banyak Literasi di Padang Bisa Jadi Bahan Konten Kreatif

Setelah melakukan kunjungan kerja ke Pariaman, Agam, Padangpanjang dan Bukittinggi, rombongan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat dipimpin Yuliandre Darwis melakukan kunjungan ke Pemko Padang, Jumat (5/8/2022).

Rombongan KPI Pusat yang dipimpin Komisioner Bidang Kelembagaan Yuliandre Darwis itu disambut Asisten II Ekbang dan Kesra Didi Haryadi, dan Asisten III Administrasi Umum Corry Saidan di Palanta Rumah Dinas Walli Kota Padang, Jl A Yani Padang.

Wali Kota Padang diwakili Corry Saidan menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan KPI Pusat ke Pemko Padang. Dia berharap bisa terjalin kerja sama dengan KPI, khususnya dengan KPID Sumbar, dalam hal penyiaran program dan kegiatan Pemko Padang.

“Pemko Padang saat ini sedang gencar-gencarnya menggalakkan ekonomi kreatif dan UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah), sehingga perlu kolaborasi, harmonisasi serta koordinasi dengan stakeholder lembaga penyiaran maupun dengan KPID Sumbar agar hasilnya bisa maksimal,” ujar Corry.

Ke depan, sebut Corry, banyak kegiatan-kegiatan berskala nasional yang dipusatkan di Kota Padang. Di antaranya, Penas Tani 2023. “Banyak promosi yang bisa dibantu, dan ini butuh peran serta lembaga penyiaran agar kegiatan tersebut sukses,” imbuhnya.

Sementara itu, Yuliandre Darwis menyampaikan bahwa potensi Kota Padang dalam sektor ekonomi kreatif itu sangat tinggi. “Ekonomi kreatif itu salah satunya adalah industri penyiaran. Dan di Kota Padang banyak literasi-literasi yang bisa dijadikan konten untuk konsumsi nasional, bahkan internasional. Sebutlah literasi mengenai Malin Kundang, Siti Nurbaya, dan lainnya,” sebut Uda Andre, begitu sapaan akrab putra Minang yang pernah menjadi Ketua KPI Pusat ini.

Lanjut Yuliandre, bukan semata literasi, keindahan alam seperti Pantai Padang, dan destinasi wisata lainnya, serta beragam kuliner yang ada, merupakan bahan yang melimpah yang bisa dijadikan konten, sebagai promosi daerah.

Yuliandre mencontohkan di Korea Selatan, kreativitas, atau konten kreatif bisa meningkatkan perekonomian negara.

“Dari satu boyband BTS dari Korea Selatan itu saja bisa menghasilkan 76 triliun,” tukas Yuliandre, yang saat ini juga menjabat Penasehat/Advisor Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno.

Fenomena yang terjadi di Korsel itu, kata Yuliandre lagi, harus menjadi inspirasi bagi masyarakat Padang. Menurutnya, Pemko Padang harus bisa memberi ruang bagi tumbuhnya kreativitas dalam mengangkat kearifan lokal, dengan mengaitkannya ke OPD seperti Diskominfo, Dinas Pariwisata, dan lainnya.

Mengenai penyiaran di Sumbar, Yuliandre mendukung adanya peraturan daerah (Perda) tentang Penyiaran yang menjadi regulasi bagi dunia penyiaran dengan berlandaskan kearifan lokal di Sumbar.

Kemudian, kata Yuliandre, KPI dalam rekrutmen komisioner di daerah dilakukan secara desentralisasi, DPRD provinsi setempat yang memilih. “Beda dengan lembaga lain seperti KPU, Bawaslu dan lainnya, yang dipilih oleh pusat,” tukas Yuliandre.

Setelah saling bertukar cendera mata, acara kemudian dilanjutkan dengan jamuan makan bersama, sebelum datangnya waktu salat Jumat.

Pada kesempatan acara silaturahmi itu hadir juga Komisioner KPI Pusat lainnya, Nuning Rodiyah dan Hardly Stefano Fenolon Pariela serta Sekretaris KPI Pusat Umri, dan 40 orang staf KPI Pusat. Kemudian Ketua KPID Sumbar Dasrul, beserta komisioner lainnya; Ficky Tri Saputra, Robert Cenedy dan Rahmadi Sutrisno. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Wali Nagari Jawi-Jawi Guguk Suguhi Mahasiswa KKN UBH dengan Cangkir Kanso

Pemko Daftarkan Panitia Rakernas Apeksi Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan