in

Zilfa Jumila Khairani, Peringkat 1 UN IPS se-Sumbar

Suka IPS sejak SMP

Nama Zilfa Jumila Khairani, siswi kelas XII SMA N 10 Padang, jadi buah bibir seharian kemarin (2/5). Perempuan yang ingin melanjutkan kuliah di Jurusan Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) ini, tercatat sebagai peraih nilai ujian nasional (UN) tertinggi untuk jurusan IPS se-Sumbar tahun 2017 ini.

Zilfa, panggilan Zilfa Jumila Khairani, tak pernah menyangka prestasi yang dia raih itu. Lebih-lebih, sepanjang pagi sampai siang kemarin, tak ada teman-teman atau pihak sekolah yang mengabari kesuksesannya itu.

“Saya baru tahu kira pukul 16.00 sore dari kepala sekolah. Kebetulan kepala sekolah menyuruh Zilfa dan teman-teman lainnya datang ke sekolah. Ketika diberitahu, Zilfa pun kaget, karena tidak menyangka menjadi yang terbaik dalam UN kali ini. Orang tua Zilfa sangat gembira atas apa yang Zilfa raih ini,” ujar Zilfa kepada Padang Ekspres, kemarin (2/5).

Ditanya bagaimana awalnya dia tertarik memilih jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), Zilfa terlihat antusias. Menurut dia, pelajaran IPS sudah menjadi kesukaannya sejak SMP.

“Dari SMP dulu, Zilfa sudah suka dengan pelajaran IPS. Jadi, tidak terpaksa juga mengambil jurusan ini. Mungkin itu juga yang membuat Zilfa bisa berhasil mempelajari IPS,” ujarnya.

Dalam belajar, Zilfa terang-terangan menegaskan bahwa dia tak pernah didikte orang tuanya. “Orang tua Zilfa tidak pernah memaksa untuk belajar. Zilfa belajar atas keinginan sendiri. Cuma setelah pulang sekolah, Zilfa sering membahas soal-soal ujian di rumah,” ujarnya.

Setelah UN ini, Zilfa mengaku ingin berkuliah di UGM jurusan psikologi . “Dalam seleksi SNMPTN kemarin, alhamdulillah Zilfa lulus dan diterima kuliah di UGM. Zilfa mengambil psikologi agar bisa membantu orang banyak,” alasannya.

Zilfa mengaku, orang tuanya berperan penting terhadap hidupnya selama ini. “Orang tua Zilfa lah yang selalu menekankan untuk disiplin dalam hidup. Sehingga, Zilfa sudah terbiasa dengan hidup disiplin,” ujarnya.

Kepala SMAN 10 Padang, Parendangan menilai, Zilfa sangat layak meraih prestasi tersebut. “Prestasi Zilfa sangat membanggakan sekolah kami. Kami melihat Zilfa selama ini, dia tergolong siswa yang berprestasi di kelasnya. Kami mengucapkan selamat sekali lagi kepadanya. Semoga cita-cita Zilfa menjadi psikolog dapat tercapai,” tukasnya. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Salah Kaprah Angket DPR untuk KPK

Ungkap SKL BLBI sampai Akarnya