in

10 Fakta Mengejutkan Tentang Ratu Cleopatra yang Jarang Diketahui

Sahabat pembaca yang selalu sehat, tentunya kalian sudah pernah mendengar tentang Ratu Cleopatra. Ratu Mesir yang meninggal tanggal 12 Agustus 30 SM itu mencabut nyawanya sendiri dalam sebuah makam di Alexandria. Ratu Cleopatra pernah menjalin hubungan dengan Julius Caesar dan Mark Antony. Dia juga pernah terlibat dalam perebutan kekuasaan bersama saudaranya serta berjuang melawan kaisar Romawi. Si Ratu yang pintar dan memikat ini ternyata mempunyai fakta yang jarang diketahui. Berikut 10 fakta mengejutkan tentang Cleopatra yang jarang diketahui.

1. Cleopatra bukan orang Mesir

Pada saat kematian Jenderal Alexander Agung, kemudian pemerintahan Mesir diambil alih oleh Ptolemy pada tahun 323 SM. Ptolemy akhirnya mendirikan dinasty berbahasa Yunani selama hampir 3 abad. Walaupun Cleopatra secara etnik bukan dari Mesir, tapi ia memeluk banyak kebiasan-kebiasan kuno Mesir dan menjadi anggota pertama dari garis Ptolemeus yang berbahasa Mesir.

2. Cleopatra adalah hasil perkawinan sedarah

Untuk menjaga kemurnian garis keturunan, suatu kerajaan sering menikah dalam keluarga sendiri atau sedarah. Tak heran jika nenek moyang Cleopatra menikah dengan sepupu atau bahkan saudara kandung dan kemungkinan orang tua sendiri merupakan saudara perempuan atau saudara laki-laki. Bahkan, Cleopatra juga menikahi kedua saudaranya yang mempunyai tugas berbeda sebagai suami.

3. Aset Terbesar Cleopatra bukan Kecantikan

Bangsa Romawi menggambarkan Cleopatra sebagai wanita yang suka menggoda laki-laki dengan daya tarik dan kecantikannya untuk dijadikan senjata politik. Tapi, sebenarnya Cleopatra lebih menggunakan kecerdasannya daripada penampilannya. Cleopatra menguasai beberapa bahasa dan sangat pandai di ilmu matematika, berpidato, filsafat, dan astronomi. Beberapa sumber Mesir dan para sejarawan berpendapat bahwa Cleopatra digambarkan maskulin demi menampilkan kekuatannya. Ada juga beberapa bukti bahwa Cleopatra tidak mencolok secara fisik yang diyakini selama ini.

4. Dia terlibat atas kematian tiga saudara kandungnya

Layaknya pernikahan keluarga, perebutan kekuasaan dan pembunuhan berencana adalah tradisi dari Ptolomeus. Setelah berhasil menguasai tahta, Cleopatra yang bekerja sama dengan Julis Caesar mengusir dan menjauhkan Suami pertamanya. Ptolemy kalah dalam pertempuran dan tenggelam di Sungai Nil. Kemudian, Cleopatra menikah lagi dengan adik laki-lakinya Ptolemy XIV. Demi menjadikan anaknya sebagai penerus tahta, Cleopatra juga telah membunuhnya. Kemudian, dia juga merancang pembunuhan terhadap Arsinoe, adiknya yang dianggap merupakan saingan dari tahtanya.

5. Cleopatra sangat pandai memikat

Cleopatra mempercayai bahwa ia adalah dewi yang hidup. Cleopatra selalu menggunakan kecerdasannya untuk merayu sekutu dan untuk memperkuat statusnya. Sebagai salah satu contoh, ketika Julius Caesar tiba di Alexandria dalam permusuhannya dengan Ptolemeus XIII, Cleopatra bersembunyi dan membungkus dirinya dengan karpet untuk menggagalkan usahanya bertemu dengan sang jenderal Romawi. Kemudian, Julius Caesar akhirnya terpesona dengan Cleopatra dengan pakaian kerajaanya dan akhirnya mereka menjadi pasangan kekasih.

6. Saat pembunuhan Caesar, Cleopatra tinggal di Roma

Sejak tahun 46 SM, Cleopatra dan Julius Caesar tinggal di Roma. Julius Caesar tak pernah menyembunyikan bahwa Cleopatra adalah simpanannya. Banyak orang Romawi yang mengguncingkan Julius Caesar ketika ia mendirikan patung emas Cleopatra. Setelah Caesar tewas ditikam tahun 44 SM, Cleopatra melarikan diri dari Roma. Tapi, sebelum ia pergi dari Roma, Cleopatra telah meninggalkan trend fashion yang banyak digunakan wanita Romawi yaitu gaya rambut eksotis dan memakai perhiasan mutiara.

7. Cleopatra dan Mark Antony membentuk klub minum sendiri

Pertama kali memulai kisah cinta dengan Jenderal Romawi, Mark Antony pada tahun 41 SM. Selain mereka saling mencintai, tapi di sisi lain Cleopatra membutuhkan Antony demi untuk melindungi tahta dan kemerdekaan Mesir. Sementara Antony membutuhkan Cleopatra demi akses sumber daya Mesir dan kekayaan. Pada musim dingin sekitar tahun 40-41 SM, mereka menghabiskan waktu berdua dan bahkan mendirikan klub minum mereka sendiri dengan nama “Inimitable Livers.”

8. Cleopatra memimpin armada dalam pertempuran angkatan laut

Dari hasil pernikahannya dengan Mark Antony, mereka memiliki 3 anak. Tapi, hubungan mereka telah melahirkan skandal besar di Roma. Pengkhianat bernama Octavian mengumumkan perang terhadap Cleopatra. Karena konflik yang mencapai puncak pada tahun berikutnya, Cleopatra memimpin sendiri dalam pertempuran angkatan laut di Actium. Cleopatra memimpin beberapa kapal perang disamping armada Antony. Karena kalah, akhirnya Antony dan Cleopatra dipaksa melarikan diri ke Mesir dan menerobos jalur Romawi.

9. Mungkin Cleopatra belum meninggal akibat gigitan ular berbisa

Setelah pasukan Octavian mengejar Antony dan Cleopatra sampai ke Alexandria, Cleopatra dan Antony menghabisi nyawa mereka sendiri pada 30 SM. Banyak pendapat yang mengatakan kematian Cleopatra ada beberapa kemungkinan Cleopatra mengigitkan ular berbisa ke lengannya, atau Cleopatra telah menyembunyikan racun mematikan di sisirnya, ada yang berpendapat lain menggunakan peniti yang dicelupkan ke dalam toksin kuat atau racun ular atau yang lain.

10. Film tentang Cleopatra pada tahun 1963, menjadi salah satu film paling mahal

Film Cleopatra dibuat oleh Claudette Colbert dan Sophia Loren dengan Cleopatra diperankan oleh Elizabeth Taylor. Film tersebut mendapat kendala dalam produksi serta anggaran yang tidak sesuai dengan rencana yaitu dari USD 2 juta menjadi USD 44 juta. Dan untuk menutupi biaya kostum, menghabiskan sekitar USD 200.000. Film tersebut merupakan film termahal yang pernah dibuat saat peluncurannya, dan meskipun menghasilkan uang banyak di box office, tapi film tersebut hampir membangkrutkan studionya. 
Itulah beberapa fakta tentang Ratu Cleopatra yang jarang diketahui. 

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by virgo

Penerima Bidikmisi Itu Ingin Menjadi Diplomat

Sakit memang saat melihatmu bersama orang lain, namun aku harus tetap menjalani hidup dengan semua kesakitan ini!