Beranda Nasional Manfaat Serai Yang Jarang Diketahui Bagi Kesehatan

Manfaat Serai Yang Jarang Diketahui Bagi Kesehatan

146
0
BERBAGI

Tanaman serai adalahsalah satu tanaman yang cukup populer di Asia, termasuk juga di Indonesia. Tanaman ini memiliki aroma yang khas, sehingga banyak digunakan sebagai penyedap masakan. Meskipun umumnya masyarakat hanya mengetahui untuk masakan saja, sebenarnya serai ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dalam serai itu sendiri terdapat sumber-sumber vitamin dan gizi seperti vitamin A dan C, zat besi, magnesium, asam folat, fosfor, kalsiumdan juga kalium. Selain juga memiliki vitamin dan gizi, serai juga mempunyai sifat antibakterial yang tentunya sangat bermanfaat, diantaranya sebagai obat anti-inflamasi, analgesik, antidepresan, antiseptik, antibakteri, antipiretik, antijamur, insektisida, zat karminatif dan diuretik. Dari batang hingga daunnya juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh seperti di bawah ini:

1. Detoksifikasi
Mampu membantu membersihkan zat-zat racun berbahaya yang berada di dalam tubuh. Detoksifikasi dengan menggunakan serai ini akan membantu melancarkan fungsi di berbagai organ tubuh, termasuk fungsi hati dan ginjal.

2. Aromaterapi untuk pengusir nyamuk

Ternyata serai juga dimanfaatkan sebagai aromaterapi oleh bangsa India dan sekitar Timur Tengah. Di Indonesia sendiri batang serai ini di tumbuk dan kemudian dioleskan pada tangan dan kaki sebelum tidur, yang dapat membantu mengusir nyamuk yang dapat mengakibatkan demam berdarah.

3. Membantu mengatasi masalah sistem pencernaan
Seperti yang kita ketahui bahwa serai mengandung zat anti-mikroba yang terkandung dalam serai dapat membantu meningkatkan fungsi usus dan pencernaan. Dengan rutin mengonsumsi serai dapat menangkal bakteri buruk dan parasit yang bisa mengakibatkan masalah pencernaan. Diantaranya konstipasi, diare dan kelebihan gas di dalam lambung.

4. Dapat mengobati infeksi dan penyakit kulit

Antiseptik yang terkandung dalam serai cukup efektif dalam mengatasi infeksi kulit seperti luka, kurap kudis dan infeksi saluran kemih. Karena sifat anti-mikroba dalam serai mampu membasmi jamur dalam tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak serai dapat menimbulkan dampak baik pada infeksi jamur. Jamur yang ada pada kulit bisa diatasi dengan cara rutin mengoleskan ekstrak serai pada bagian kulit yang bermasalah.

5. Menyembuhkan batuk ataupun pilek

sifat antibakteri dan antijamur yang ada dalam serai dapat membantu mengatasi plek dan juga batuk. Kemudian juga vitamin C di dalamnya juga membantu memperkuat sistem imun tubuh. 

6. Dapat menurunkan tingkat gula darah
Kamu bisa mengonsumsi teh yang dicampur dengan serai bisa membantu mengeluarkan racun dalam pankreas dan juga meningkatkan fungsinya. Selain itu membantu dalam mengontrol dan sekaligus menurunkan kadar gula dalam darah.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat serai bagi kesehatan yang belum banyak diketahui orang. Tertarik untuk mencobanya?

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,