in

Sumbar Akan Jalankan Konsep New Normal, Gubernur Vidcon Bersama Bupati dan Walikota

Sebelum berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jilid dua pada Tanggal 29 Mei 2020, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat secara maraton terus melakukan sejumlah persiapan. Untuk itu, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno bersama Bupati Walikota se Sumatera barat, menggelar rapat terbatas melalui Video Conference (Vidcon), Selasa (25/05/2020).

Gubernur mengatakan bahwa sebaran kasus Covid-19 di Sumbar mulai menunjukkan grafik yang cenderung menurun. Sampai hari ini, warga Sumbar yang terjangkit Covid-19 mencapai 510 kasus positif, hanya Kabupaten Sijunjung yang sama sekali tidak ditemukan kasus positif.

“Cuma cluster Pasar Raya ini mungkin agak sulit karena orang yang berjualan selama masa inkubasi sudah banyak bertemu orang dan belanja akhirnya membuat banyak yang tersebar,” papar Gubernur Irwan.

Selanjutnya Gubernur menjelaskan tentang konsep New Normal yang mulai disosialisasikan oleh Pemerintah Pusat, di antaranya melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

New Normal merupakan suatu kehidupan dengan kebiasaan baru, aktifitas baru, dimana masyarakat diminta berdamai dan beradaptasi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Gubernur merinci perubahan pola kehidupan pada kondisi dengan kebiasaan baru, pakai masker, jaga jarak dan pola hidup bersih cuci tangan dengan sabun. Makanya muncul istilah “new normal”: ke kantor, ke sekolah, berdagang berjalan tapi dengan mengikuti protokol Covid-19, namun formatnya seperti apa kita masih menunggu kebijakan pusat.

Ada 6 (enam) kriteria masuk “new normal” untuk meringankan pembatasan dan transisi harus memastikan antara lain :

1. Jumlah pertumbuhan transmisi lokal berkurang dan bisa dikendalikan;
2. Kesehatan masyarakat dan kapasitas sistem kesehatan mampu untuk mengidentifikasi, mengisolasi, menguji, melacak kontak dan memgkarantina;
3. Mengurangi resiko wabah dengan pengaturan ketat terhadap tempat yang memiliki kerentanan tinggi, terutama di rumah orang lanjut usia, fasilitas kesehatan mental dan pemungkiman padat;
4. Pencegahan tempat kerja ditetapkan, seperti jarak fisik, fasilitas mencuci tangan, etiket penerapan pernapasan;
5. Resiko penyebaran imported case dapat dikendalikan dan
6. Masyarakat ikut berperan dan terlibat dalam transisi.
Gubernur Sumbar juga menyampaikan dalam pemulihan ekonomi dilakukan dengan bertahap (fase), seperti industri dan jasa bisnis tetap menerapkan social distancing. Sementara untuk sektor kesehatan beroperasi penuh dengan memperhatikan kapasitas sisitem kesehatan dan berkumpul maksimal 2 (dua) orang dalam satu ruang, olahraga luar ruangan belum diperbolehkan.

“Kita tidak mungkin berdiam diri terus dirumah, mungkin sudah banyak yang protes, jenuh, apalagi menyangkut persoalan ekonomi,” ungkap Irwan.

Untuk itulah konsep New Normal akan dijalankan sembari menunggu Vaksin Covid19 ditemukan. (ISC/ MMC DiskominfoSB)

The post Sumbar Akan Jalankan Konsep New Normal, Gubernur Vidcon Bersama Bupati dan Walikota appeared first on Padek.co.

What do you think?

Written by Julliana Elora

TNI/Polri Awasi Disiplin Protokol Kesehatan 4 Provinsi termasuk Sumbar

AHY: “New Normal”, Harus Ekstra Waspada saat Kembali Beraktivitas