in

Virus Korona dan Influenza datang Bersamaan di Musim Hujan?

Merebaknya berita mengenai wabah covid-19 akhir-akhir ini meresahkan berbagai pihak, terlebih setelah diindentifikasi setidaknya 4 penderita Korona yang telah dirawat di Indonesia. Pasalnya infeksi covid-19 yang menyerang saluran pernafasan ini mirip sekali dengan gejala influenza. Yang menjadi pertanyaan bagaimana membedakan influenza dari covid-19?

Baik Influenza maupun Covid-19 disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernafasan, tetapi keduanya berasal dari golongan virus yang berbeda. Virus penyebab influenza pada manusia disebabkan oleh virus influenza A dan B, sedangkan Covid-19 disebabkan oleh virus korona.

Dilihat dari gejalanya keduanya sangat mirip sehingga sulit sekali dibedakan, gejala awal umumnya berupa demam, bersin, batuk dan pilek. Pada kasus yang parah infeksi Influenza maupun Covid-19 dapat menjalar ke saluran nafas bawah, sehingga menimbulkan gejala sesak dan berkembang menjadi pneumonia.

Menurut dr. Marlyn Cecilia Malonda, Sp.A, baik virus Covid-19 maupun influenza, salah satunya dapat teridentifikasi dari gejala pneumonia yang diderita oleh penderitanya. Walau sama-sama mengalami pneumonia, kedua penyakit tersebut tidak bisa dianggap penyakit yang sama.

“Pneumonia karena virus korona dan influenza, serupa tapi tak sama. Dari gejalanya saja, kita agak susah membedakan. Karena awalnya itu berupa adanya demam, bersin, batuk kering, juga ada pilek,” terang dr. Marlyn Cecilia Malonda, Sp.A. yang merupakan Dokter Spesialis Anak Kiddiecare Clinic Alam Sutera, Jakarta.

“Selain memiliki gejala yang serupa, penularan keduanya pun mirip. Kedua virus ini dapat ditularkan antar manusia yang bekontak dekat ataupun melalui droplet yang disebarkan oleh penderita saat batuk maupun bersin dengan jarak 1-2 meter. Selain penularan antar manusia, diduga dapat terjadi penularan dari benda ke manusia. Misal dari benda-benda yang sering disentuh seperti, pegangan pintu, tombol lift ataupun saklar lampu,” kata Marlyn.

Menurut Marlyn, sebagai langkah pencegahan covid 19 maupun influenza dapat diantisipasi dengan beberapa langkah yang tepat.

“Di antaranya adalah dengan mempraktikkan hand hygiene dan respiratory hygiene yang baik dan benar. Contohnya cuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir setidaknya selama 20 detik, hindari menyentuh mata, hidung dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci, bila batuk ataupun bersin sebaiknya ditutup dengan masker ataupun tisu, bersihkan dan disinfeksi benda dan permukaan yang sering disentuh,” lanjutnya

Hingga saat ini belum ditemukan vaksin untuk virus korona, berbeda dengan influenza yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Meskipun pemberian vaksinasi influenza ataupun vaksin lain untuk  sistem pernafasan  dapat melindungi dari infeksi virus korona. Tapi vaksinasi ini dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh, sehingga  tubuh tidak mudah tertular oleh infeksi virus korona.

Kalau kita mengalami infeksi influeza, maka risiko kita terkena penyakit lain termasuk Covid-19 termasuk besar, karena saluran napas kita itu sistem imunnya menurun karena terserang virus influenza. Jadi oleh karena itu vaksin influenza itu sangat penting Hal ini direkomendasikan oleh WHO dan Ikatan Dokter Anak Indonesia dan juga Satgas Imunisasi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI). S-1

What do you think?

Written by Julliana Elora

Mengajari Penjumlahan dengan Cara Salah

KPK Akan Lelang Perhiasan Milik Koruptor