in ,

10 Kata-kata “Powerful” yang Baik untuk Anak Anda

Sebagai orang tua, sudah sepatutnya kita mengucapkan kata-kata yang baik kepada buah hati. Dengan menyampaikan perkataan yang baik, karakter anak akan terbentuk menjadi pribadi yang baik pula.

Selain itu, komunikasi dengan bahasa yang bagus juga akan membuat jalinan kasih antara orang tua dan anak semakin erat.

Di bawah ini adalah beberapa kata powerful yang bisa Anda sampaikan kepada buah hati Anda:

1. “Mama/Papa sayang kamu”

01 mama papa sayang kamu

Dalam keseharian, mencintai anak saja belum cukup, yang lebih penting lagi adalah anak sadar bahwa mereka dicintai. Katakan “Mama sayang kamu” atau “Papa sayang kamu” disertai dengan pelukan hangat atau ciuman di pipi. Anak-anak akan merasa bahagia mengetahui dirinya mendapat kasih sayang yang begitu besar dari kedua orang tuanya.

2. “Tolong”

02 tolong

“Nak, ambilkan majalah di atas meja” dengan “Nak, tolong ambilkan majalah di atas meja” mungkin terdengar sama. Namun dengan menambahkan “Tolong”, kalimat akan terdengar lebih baik dan sopan. Membiasakan anak mengucapkan sesuatu dengan bahasa yang baik dan dengan cara yang sopan bisa membentuk karakter positif di dalam diri mereka.

3. “Terima kasih”

03 terima kasih

Mengajarkan anak untuk berbuat baik bisa dimulai dari diri sendiri. Agar anak-anak terbiasa mengucapkan “Terima kasih” ketika menerima sesuatu atau bantuan dari orang lain, biasakanlah mengucapkan “Terima kasih” kepada anak ketika mereka telah melakukan apa yang Anda pinta. Kata powerful ini dapat membuat anak merasa senang karena ada penghargaan atas perbuatan baik yang mereka lakukan.

4. “Bagaimana kalau kita setuju untuk…”

04 setuju

Kata powerful yang satu ini bisa Anda ucapkan saat mengajak anak untuk sepakat dengan sebuah keputusan. Anggap saja Anda merencanakan suatu kegiatan bersama, semisal berenang di akhir pekan. Untuk meminta persetujuan anak, cobalah mengatakan “Bagaimana kalau kita setuju untuk berenang minggu depan?”. Pertanyaan sekaligus ajakan seperti ini bisa meningkatkan mood mereka.

5. “Coba ceritakan lagi…”

05 ceritakan

Sebagai orang tua, sangat penting untuk memberi perhatian pada kegiatan sehari-hari anak. Sepulang mereka bermain atau sekolah, mintalah buah hati untuk menceritakan kembali apa saja yang telah mereka lakukan. Interaksi seperti ini akan membiasakan anak untuk lebih terbuka dengan orang tua.

6. “Yuk membaca!”

06 membaca

Membiasakan anak dengan kegiatan positif sebaiknya dimulai sedini mungkin. Agar anak-anak Anda memiliki minat baca yang baik, sering-sering ajak mereka membaca bersama.

7. “Kita semua pasti pernah berbuat salah”

07 kesalahan

Hal ini mungkin sering terlewatkan oleh orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Orang tua sering kali lupa mengajarkan kepada anak untuk merasa bersalah. Ajarkan anak untuk bertanggung jawab atas apa yang mereka perbuat, bahkan saat mereka melakukan kesalahan. Katakan kepada anak-anak Anda bahwa semua orang pasti pernah berbuat salah, dan kita tetap harus mengakui kesalahan tersebut.

8. “Mama/Papa minta maaf”

08 maaf

Jika Anda melakukan kesalahan kepada anak, jangan pernah segan untuk meminta maaf dengan berkata “Mama/Papa minta maaf”. Kata powerful ini dapat menunjukkan kepada mereka bahwa sudah sepatutnya kita mengakui kesalahan yang telah diperbuat, dan meminta maaf bukanlah sesuatu yang memalukan.

9. “Bagaimana menurut kamu?”

09 menurutmu

Pertanyaan di atas bisa Anda coba untuk memancing anak-anak agar mereka berani mengutarakan pendapatnya. Misalnya setelah Anda selesai membacakan cerita, tanyakan kepada buah hati bagaimana pendapatnya mengenai cerita tersebut. Cara ini juga bisa melatih komunikasi serta kemampuan anak.

10. “Selamat, kamu berhasil!”

10 selamat

Ketika anak dalam masa pertumbuhan, sangat penting untuk membangun rasa percaya diri di dalam dirinya. Memberikan kalimat pujian seperti “Selamat, kamu berhasil” ketika anak Anda berhasil menyusun puzzle bisa menjadi cara ampuh untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka.


Nah, itulah beberapa kata powerful yang sebaiknya Anda ucapkan kepada anak-anak setiap harinya. Semoga daftar di atas dapat membantu Anda dalam mendidik anak.

(Visited 2,439 times, 1 visits today)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Bersama Nivea Sparkling Bright Facial Foam Temukan Passionmu

REVIEW : LOREAL SUPER LINER EXPRESSIONIST