in

12 Rumah Dinas Guru SD dan SMP Dibangun di Mentawai

Ilustrasi, rumah kayu

PADEK.CO—Sebanyak 12 unit rumah dinas (rumdin) guru SD dan SMP bakal dibangun di Kepulauan Mentawai tahun ini. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Mentawai Oreste Sakeru, Senin (12/6) mengatakan tahun ini ada pembangunan 10 unit rumdin SD dan 2 unit rumdin SMP.

Menurutnya, kebutuhan rumah dinas di sekolah terutama di pedalaman masih banyak. Pihaknya menyebutkan akan terus mengusahakan setiap tahun dengan cara mencicil sesuai skala prioritas dan kemampuan anggaran.

”Kita harap ada perhatian khusus pemerintah pusat melalui Kemdikbudristek untuk Mentawai sebagai daerah yang masih menyandang predikat daerah 3T. Proposal permohonan bantuan tersebut juga sudah kita ajukan yang dikoordinir oleh Kepala Bappeda Kepulauan Mentawai,” ujarnya.

Sebelumnya, Pj Bupati Kepulauan Mentawai Fernando J mengatakan pembangunan SDM melalui investasi pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang baru bisa dinikmati 12 tahun ke depan, bahkan lebih. Untuk itu, dia berpesan kepada pelajar Mentawai tetap semangat dalam menuntut ilmu, meski dalam kondisi keterbatasan.

”Kita memiliki kesempatan yang sama untuk meraih masa depan yang lebih baik. Tugas pemerintah adalah menyiapkan sarana dan prasarana pendidikan yang layak. Saya menerima banyak masukan, terkait minimnya sapras tersebut. Tentunya, ini menjadi catatan dan fokus kami ke depan,” pungkasnya.

Adapun rumdin guru yang dibangun tersebut yakni rumdin SDN 25 Pasakiat Taileleu, Kecamatan Siberut Barat Daya dengan pagu anggaran Rp400,8 juta, rumdin SDN 37 Saumanganya, Kecamatan Pagai Utara dengan pagu dana Rp280 juta.

Rumdin SDN 35 Matobe, Sikakap dengan pagu anggaran Rp280 juta, rumdin SDN 31 Bulasat, Pagai Selatan dengan pagu dana Rp280 juta, rumdin SDN 23 Sinakak, Pagai Selatan dengan pagu dana Rp450 juta, rumdin SDN 32 Matobe, Sikakap dengan pagu dana Rp280 juta.

Kemudian, rumdin SDN 04 Muara Sikabaluan, Siberut Utara, rumdin SDN 17 Taikako, Sikakap, rumdin SDN 09 Makalo, Pagai Selatan, rumdin SDN 03 Taikako, Sikakap dengan pagu anggaran masing-masing Rp280 juta. (rif)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Sidang Praperadilan diajukan kuasa Hukum Pemohon, ditolak PN Painan

Peserta Penas Petani dan Nelayan ke-XVI Kunjungi Pabrik Indarung I Semen Padang