in

15 Cara Terbaik Mencegah Penyakit Diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi kita semua. Penyakit ini cukup banyak merenggut nyawa para pengidapnya. Tingginya konsumsi gula menjadi penyebab utama penyakit ini bisa menyerang tubuh. Untuk pencegahannya dibutuhkan pehatian lebih terhadap pola makan kita.

Kadar gula yang normal pada tubuh kita adalah 70-130 mg/dl sebelum makan, dan menjelang tidur 100-140 mg/dl. Jika lebih dari itu, sudah bisa dipastikan kita akan mengidap penyakit diabetes. Sebenarnya kadar glukosa pada gula sangat dibutuhkan bagi tubuh kita untuk menjadi sumber energi. Namun jika berlebihan justru akan mengganggu organ-organ lain dalam tubuh.
Berikut ini adalah cara-cara yang bisa kita lakukan untuk mulai pencegahan diabetes..

Memperbanyak konsumsi sayuran adalah cara pertama yang bisa kita lakukan untuk memulai pencegahan penyakit diabetes. Apabila kita biasanya lebih suka mengkonsumsi daging, mulai dari sekarang harus bisa menyeimbangkan antara konsumsi sayuran dan daging. Mengkonsumsi buah juga sangat baik bagi tubuh kita, karena akan melancarkan aliran darah dan meningkatkan metabolisme tubuh. Ini adalah pencegahan pertama yang bisa kita lakukan untuk menghindari diabetes.

Tidur merupakan salah satu cara mengistirahatkan tubuh kita dari berbagai aktivitas yang sudah dilakukan sepanjang hari. Dengan cukup tidur setiap hari, yaitu 6-8 jam per harinya sudah bisa mencegah timbulnya penyakit diabetes. Ini karena apabila kita jarang tidur dimalam hari hal yang sering terjadi adalah perut cenderung menjadi lapar dan mau tidak mau kita akan mengkonsumsi makanan. Ini jika terjadi terus menerus akan meningkatkan kadar gula dengan sangat signifikan.

Makanan berlemak selain dapat membuat berat badan naik juga bisa meningkatkan resiko terkena diabetes. Apalagi jika lemak tersebut adalah lemak jahat, contohnya lemak pada gorengan. Untuk mendapatkan kebutuhan lemak pada tubuh bisa menggunakan lemak pada minyak ikan atau minyak zaitun.

Minuman manis memang banyak digemari oleh kita, namun tanpa disadari pada minuman manis banyak sekali mengandung kadar gula yang kita sendiri tidak mengetahui seberapa banyak kadar gula tersebut. Untuk menghindari hal tersebut kita harus mengurangi mengkonsumsi minuman manis seperti contohnya minuman bersoda.

Sarapan pagi kadang kita tinggalkan karena alasan tidak sempat atau ada kesibukan tersendiri. Namun, sebenarnya sarapan pagi bisa menjadi sumber utama penyebab timbulnya diabetes. Para dokter menyarankan sarapan pagi tidak boleh ditinggalkan karena berdasarkan penelitian orang yang tidak pernah meninggalkan sarapan pagi akan memiliki kadar gula lebih rendah dibanding orang yang selalu melewatkannya.

Orang yang mengalami stres akan membuat kadar glukosa dalam tubuh menjadi meningkat. Untuk itu, penting dari kita menghindari stres. Namun apabila terkena stres, segeralah melakukan aktifitas yang bisa membuat stres tersebut menghilang. Bisa dengan berolahraga, mendengarkan musik atau menonton film yang menjadi favorit.

Baik merokok ataupun terpapar asap rokok, keduanya sama berbahaya bagi tubuh dan memicu timbulnya penyakit diabetes dalam tubuh. Jika kamu adalah perokok, segeralah berhenti dari rutinitas merokok tersebut. Selain karena tidak ada efek baik yang bisa didapatkan dari rokok, yang didapat adalah penyakit. Bukan hanya diabetes, kanker pun bisa menyerang.

Olahraga yang rutin akan membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh. Ini harus dilakukan rutin setiap hari agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Olahraga sangat dianjurkan 15-30 menit setiap hari. Dengan rutin olahraga kemungkinan terkena penyakit diabetes pun akan berkurang.

Makan memang kebutuhan kita sehari-hari. Namun porsi dan makanan yang kita makan harus diperhatikan. Usahakan makan dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan untuk pencegahan diabetes.

Vitamin D memang sangat dibutuhkan bagi tubuh. Jika biasanya kita mengetahui fungsi utama Vitamin D adalah untuk tulang, namun sebenarnya Vitamin D juga baik untuk pencegahan diabetes karena mampu mengontrol kadar gula dalam tubuh.

Mengemil mungkin adalah kebiasaan kita sehari-hari. Namun sebenarnya kebiasaan mengemil tersebut perlahan bisa meningkatkan resiko diabetes. Ini karena pada makanan ringan banyak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Tentu perlahan akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

Kedua minuman ini selalu menemani kita setiap hari. Tetapi apabila kita lebih dari satu gelas dalam satu hari bisa menjadi pemicu timbulnya diabetes. Untuk itu jika kamu suka meminum teh / kopi kurangi penggunaan gula nya.

Semisal hari sedang libur atau tidak ada pekerjaan kita seringkali bermalas-malasan. Sebenarnya diabetes juga bisa timbul karena malas bergerak. Selain kalori yang tidak terbakar dalam tubuh, peredaran gula darah akan tersendat.

Berat badan yang berlebih bisa menjadi penyebab terkena diabetes. Untuk itu, jagalah berat badan normal dan ideal bagi tubuh kita.

Selain dari sayuran dan buah yang baik menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar diabetes. Sebenarnya mengkonsumsi kedelai juga baik untuk pencegahan diabetes tersebut. Efek baik yang bisa ditimbulakan dari kedelai yaitu kedelai mampu menontrol kadar gula dalam tubuh kita.

Itulah cara-cara menghindari penyakit diabetes. Tubuh yang sehat dan bebas penyakit tentu saja menjadi dambaan kita semua. Untuk itu, mulai sekarang mulailah melakukan pola hidup sehat.

What do you think?

Written by virgo

Ini Kata Polres Aceh Timur Soal Surat Suara Telah Dicoblos

Lawakan Pilkada ala KIP Banda Aceh