in

3 Calon Sekwan DPRD Bukittinggi Mengapung

BUKITTINGGI, METRO – Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias telah mengajukan tiga nama ke DPRD Kota Bukittinggi untuk dipilih sebagai Sekretaris Dewan (Sekwan) menggantikan Hermansyah yang telah memasuki purna bakti atau Pensiun. Ketiga nama itu saat ini dalam tahap pembahasan ditingkat unsur Pimpinan DPRD.

Ketiga nama yang diusulkan Walikota, untuk dipilih salah satunya menjadi Sekwan DPRD, Noverdi (Asisten I/PLT Sekwan), Erwin Umar (Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga) dan Melfi Abra (Kadis Pendidikan dan Kebudayaan).

Ketua DPRD Bukittinggi, Herman Sofyan, membenarkan sudah adanya usulan tiga nama dari Wali Kota Bukittinggi untuk Sekwan DPRD Kota Bukittinggi. Menurutnya, ketiga nama itu saat ini dalam tahap pembahasan dengan unsur Pimpinan DPRD serta menerima masukan dari segenap anggota DPRD Bukittinggi.

“Sebab yang akan menggunakan jasa dan ilmunya adalah DPRD, tentu yang akan dipilih hasil mufakat bersama, di samping kita juga menunggu unsur pimpinan dari Partai Demokrat,” ujar Herman Sofyan.

Sementara itu, menurut Ketua Komisi III DPRD Bukittinggi, Maderizal dari Fraksi Demokrat, untuk pemilihan salah satu nama dari tiga nama untuk Sekwan Bukittinggi yang diusulkan Wali Kota, sebaiknya melalui fit and proper test.

“Kita di DPRD ini ingin Sekwan itu yang betul betul tahu dengan bidang tugasnya dan tidak hanya sekedar memfasilitasi anggota DPRD dengan Pemerintah Kota Bukittinggi,” tegas Maderizal.

Kemudian, lanjutnya, berdasarkan Pasal 233 Undang Undang Nomor 23 tahun 2014, yang menyebutkan setiap kepala perangkat daerah harus melalui kompetensi, diantaranya teknis, managerial dan sosial cultural. Untuk itu, Dewan mencoba mengakomodir UU Nomor 23 itu melalui Fit And Propertes untuk memilih Sekwan dari tiga nama yang diajukan.

“Hal itu kita lakukan dalam rangka menghindari dari subjektif dan menghasilkan pemilihan Calon Sekwan yang objektif. Kemudian, untuk pelaksanaan fit and proper test itu kita dari DPRD akan meminta masukan dari BKPSDM Provinsi Sumatera Barat,” jelas Maderizal. (u)


What do you think?

Written by virgo

Melestarikan Ekosistem

Kenapa Sinkron Dapodik Selalu Gagal ? Inilah Cara Mengatasi Gagal Sinkron Dapodik 2020