in

5 Definisi Geografi Menurut Para Ahli yang WAJIB DIKETAHUI

Ilmu yang fenomenal ini memang sudah banyak didefinisikan terutama oleh para ahli. Meskipun tidak semua ahli yang mengartikan ilmu ini merupakan ahli geografi, definisi geografi yang mereka nyatakan selalu mengacu pada apa yang dikaji oleh disiplin ilmu geografi. Disiplin ilmu yang dulunya disebut ilmu bumi ini memang mempunyai sifat universal sehingga dapat dikaitkan dengan berbagai disiplin ilmu pengetahuan lainnya. 

Geografi terdiri atas dua kata yaitu geos dan graphien, geos berarti bumi dan graphien berarti uraian, lukisan, dan gambaran. Secara etimologis geografi dapat diartikan sebagai gambaran, uraian, lukisan tentang bumi. Lalu, bagaimana para ahli mendefinisikannya, mari kita simak :

1. Prof. Bintarto (1977)

    Bintarto menyatakan bahwa geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam, dan penduduk serta mempelajari corak yang khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu. Pernyataan tersebut menggambarkan bahwa geografi tidak hanya mempejari unsur-unsur fisik bumi namun juga unsur biologis dan sosial. 

    Adanya kata menganalisis gejala-gejala alam dan penduduk menunjukan sebuah keterkaitan yang ingin dikaji oleh geografi. Selain itu konteks yang coba digunakan dalam geografi meliputi ruang dan waktu. Hal itu memperjelas proses analisis yang selalu menghubungkan wilayah satu dan wilayah lain dari waktu ke waktu.

    2. Paul Vidal de La Blace (1915)

      Geografi adalah studi tentang kualitas negara-negara, dimana penentuan suatu kehidupan tergantung bagaimana manusia mengelola alam ini. Dari definisi yang dinyatakan oleh Paul Vidal de La Blace dapat diketahui bahwa Beliau adalah seorang penganut paham posibilis. Paham ini menyetujui bahwa manusia berperan mengolah alam ini untuk memenuhi kebutuhan manusia. 

      Sesuai dengan definisi yang telah dikemukakan, kualitas negara-negara tidak hanya tergantung pada kondisi sumber daya alam namun juga kualitas sumber daya manusia. Hal itu dapat dilihat dari perbedaan antara negara-negara maju dan negara-negara berkembang. Sebagian besar negara-negara maju tidak mempunyai pasokan sumber daya alam melimpah namun dapat memenuhi kebutuhan perekonomiannya karena kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

      3. Karl Ritther (1859)

        Menurut Karl Ritther geografi adalah suatu telaah mengenai bumi sebagai tempat hidup manusia. Berdasarkan pengertian tersebut, Karl ingin menampaikan bahwa bumi memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Paham ini merupakan kebalikan dari paham posibilis, di mana manusia tunduk pada kekuatan alam. Alam dianggap sebagai penentu berbagai aspek kehidupan manusia. 

        Misalnya penduduk yang bertempat tinggal di wilayah pesisir akan berprofesi sebagai nelayan, begitu pula yang bertempat tinggal di pegunungan akan berprofesi sebagai petani buah-buahan dan sebagainya.  

        4. Strabo (1970)

          Seorang tokoh bernama Strabo berpendapat bahwa geografi berkaitan erat dengan faktor lokasi, karakteristik tertentu dan hubungan antarwilayah secara keseluruhan. Konsep tersebut disebut Natural Attribute of Plate. Apa yang diungkapkan oleh Strabo ini sesuai dengan salah satu konsep geografi yaitu konsep keterkaitan ruang. Setiap ruang mempunyai keterkaitan apabila terjadi suatu gejala, baik itu gejala alam maupun gejala sosial. Misalnya kebakaran hutan di Kalimantan menyebabkan asap tebal di Malaysia. Selain itu juga perang dagang antara Amerika dan China berdampak pada nilai mata uang negara-negara lain terhadap dollar Amerika.

          5. Preston E James (1959)

            James beranggapan geografi sebagai induk ilmu pengetahuan. Hal tersebut dikarenakan banya bidang-bidang disiplin ilmu pengetahuan yang selalu memulai kajiannya dari keadaan permukaan bumi. Setelah selesai dengan itu, barulah pembahasan dilanjutkan pada objek studi masing-masing.

            Secara garis besar geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang semua bentuk fenomena-fenomena alam maupun sosial  di ruang di muka bumi dengan perbedaan dan persamaan dalam konteks ruang dan waktu.  Itulah definisi geografi menurut para ahli yang dapat kalian ketahui dan pahami. Semoga artikel ini dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan dan sampai jumpa.

            Tags: Geografi, Definisi Geografi Menurut Ahli, Pengertian Geografi, Preston E James, Strabo

            Loading…

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tiga Keuntungan menggunakan Teknik Quota Sampling, 100% Lebih Mudah

“Stranger Things” dikeluhkan, Netflix janji kurangi adegan merokok