in

5 Tindakan yang Harus Kamu Lakukan Jika Melihat Live Streaming Bunuh Diri

Beberapa waktu lalu kita dihebohkan oleh seorang pria yang melalukan streaming online bunuh diri via Facebook bernama Indrawan Pahinggar yang mengaku stress serta frustasi karena ditinggal istri. Kasus bunuh diri via streaming online bukan kali ini saja terjadi, kita bisa menemukan sia-sisanya melalui situs berita online maupun video via Youtube. Alasan dan penyebab mereka ingin melakukan bunuh diripun beragam, begitupun dengan komentar para nitizen ada yang mengasihani ada juga yang memaki.

Uniknya kasus bunuh diri streaming online baru pertamakali ini terjadi di Indonesia, jika kamu bandingkan dengan negara lain ternyata lebih sering orang luar negeri yang berulang kali melakukan aksi gila ini. Kemudahan mengakses media sosial membuat seseorang tidak bisa mengontrol atau menjamin isi konten yang di posting, apalagi live streaming tentu tidak ada orang yang bisa menebak mengenai konten yang akan direkam. Jika nanti kamu melihat live streaming bunuh diri kamu harus melakukan beberapa tindakan yang telah kami rangkum di bawah ini.

Menggunakan Fitur Suicide Prevention di Facebook Bila Kamu Berada Diluar Negeri, Kita Belum Belum Bisa Menggunakan Fitur Ini di Dalam Negeri Memang Karena Belum di Fungsikan di Indonesia

Fitur Suicide Prevention Prevention atau sebuah progam usaha mencegah bunuh diri resmi diluncurkan pada awal bulan maret 2017. Facebook meluncurkan fitur ini bukan tanpa alasan, Facebook tergugah hantinya setelah menanggapi kasus bullying seorang anak 14 di Miami, AS yang bunuh diri melalui live streaming. Cara kerjanya cukup simple bila kamu melihat live streaming usaha bunuh diri kamu bisa menggunakan fitur ini untuk menghubungi kerabat terdekat dari orang yang hendak bunuh diri, atau kamu bisa langsung melaporkannya kepada pihak berwajib melalui fitur ini.

Bukan Berarti Fitur Suicide Prevention Mampu Membatalkan Tindakakn Bunuh Diri Seseorang, Fitur Suicide Prevention Masih Dalam Tahap Pengembangan. Lebih Baik Berkomentarlah Positif dan Ajak Dia Berkomunikasi

Jangan anggap remeh sebuah komentar, karena hanya dengan berkomentar kamu bisa menyelamatkan seseorang. Mengapa begitu? Karena alasan orang ingin melakukan bunuh diri merupakan wujud dari bentuk kekesalan dan kesedihan yang sebetulnya mereka butuh bantuan namun tidak kunjung menemukannya. Kalau kamu bisa menyelamatkan orang lain hanya dengan berkomunikasi kenapa tidak, tidak perlu muluk-muluk tunjukkan bahwa dirimu bersedia menjadi orang yang mau mendengar keluh kesar serta mau membantunya dengan ikhlas.

Jangan Hanya Kamu Ajaklah Teman-temanmu Ikut Berkomentar Positif Agar Orang yang Mau Bunuh Diri Mengurungkan Niatnya

Jika hanya kamu yang berkomentar positif dan mengajaknya berkomunikasi kemungkinan besar kamu diabaikan oleh orang-orang yang berkomentar negatif. Supaya niat baikmu berhasil ajak pula teman-temanku berkomentar positif guna mengurangi beban orang yang mau bunuh diri. Semakin banyak kamu mengajak teman berkomentar positif semakin cepat bergeser orang-orang yang berkomentar negatif, dengan begitu sedikit-demi sedikit mampu merubah pola pikir orang yang mau bunuh diri tersebut.

Baca Juga : Semakin Sulit Kehidupanmu, Berarti Semakin Besar Kebahagiaan yang Menunggu di Depan

Jika Kamu Kenal Segera Hubungi Kerabat, Keluarga, Teman dan Sahabatnya, Suruh Mereka Menghubungi Temanmu yang Mau Bunuh Diri

Orang yang berniat bunuh diri itu merasa bahwa didunia ini sudah tidak ada orang yang peduli, maka dari itu dia lebih memilih mengakhiri hidupnya. Jika orang yang berniat bunuh diri itu adalah teman atau kenalanmu segera hubungi orang-orang terdekatnya, karena bantuan dari orang-orang terdekat seperti keluarga, kerabat dan pacar lebih efektif, kemungkinan bunuh diri dapat di cegah lebih besar jika ada bantuan dari orang-orang terdekat.

Apabila Kamu Tahu Lokasi Tempat Dia Bunuh Diri Datangi dan Segera Bantu Dia, Bujuklah Dia Jangan Sampai Dia Nekad Bunuh Diri

Sebelum kamu mendatangi tempat lokasi dia bunuh diri hubungi terlebih dahulu pihak berwajib atau terkait seperti pemadam kebakaran, polisi dan keluarga. Setelah itu barulah dirimu menghampiri tempat dia ingin melakukan bunuh diri, begitu sampai disana ajak dia bicara dengarkan curhatanya. Jika kamu tidak mampu membujukknya ulurlah waktu sampai pihak terkait datang, apabila dia masih nekat lakukan usaha kekerasan untuk menghentikan niatan bunuh diri yang dia lakukan.

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by Julliana Elora

Banjir dan, Longsor akibat Ulah Manusia

Sirsak sangat bermanfaat bagi kesehatan, benarkah…?