in

6 Alasan Mengapa Hidup di Desa Lebih Menyenangkan

Secara geografis, ciri khas secara umum adalah tentang perbedaan alam dan lingkungan yang ada di desa dengan kota. Kondisi lingkungan dan alam tersebut lebih disebabkan karean perbedaan sistem mata pencaharian masyarakatnya. Sehingga menjadi sebuah keunikan yang menjadikan desa menjadi tempat tinggal yang sangat cocok.

Namun sangat disayangkan sekali, banyak anak muda yang lebih memilih untuk tinggal di kota daripada di desa. Padahal desa banyak menyuguhkan keunikan yang tidak dimiliki oleh perkotaan antara lain sebagai berikut:

1. Suasana Tenang

Kondisi desa yang masih bebas dari rutinitas perkotaan yang sangat sibuk tentu menjadikan desa sebagai tempat yang nyaman. Tentu masih jarang sekali pabrik atau perkantoran berskala besar yang beroperasi di pedesaan. Sebab masyarakatnya mayoritas sebagai petani dan nelayan.

2. Bebas Polusi

Kondisi pedesaan yang masih hijau ranau dengan banyaknya tanaman yang tumbuh baik di persawahan dan pekarangan. Tentu menjadikan desa mempunyai udara yang lebih bersih dibandingkan dengan kota-kota besar. Selain itu, masih sedikit sekali polusi yang terjadi di desa.

3. Bebas Kemacetan

Sedikit sekali kita jumpai kendaraan yang berlalu lalang di pedesaan. Kondisi yang demikian dipengaruhi jumlah kendaraan yang masih terbatas di desa. Rata-rata penduduk yang tinggal di desa menggunakan kendaraan bermotor untuk kegiatan sehari-hari. Meskipun demikian, ketika panen masyarakat desa menggunakan kendaraan untuk mengangkut hasil panen.

4. Biaya Hidup Lebih Rendah

Tersedianya hasil alam yang melimpah disertai dengan lahan yang subur. Menjadikan tinggal di desa tidak terlalu menghabiskan biaya hidup yang cukup mahal. Sebab masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidup dengan bercocok tanam. Tanpa harus membelinya secara keseluruhan.

5. Gotong Royong

Sistem kehidupan masyarakat yang bergantung dengan alam dan kehidupan yang saling mengenal. Menjadikan masyarakat desa mempunyai sikap yang suka bergotong-royong. Kondisi yang demikian dapat kita lihat ketika mereka bercocok tanam, panen dan tentunya ketika ada hajatan.

6. Lahan Bermain Masih Luas

Lingkungan pedesaan yang didominasi oleh oleh persawahan menjadikan desa mempunyai lahan bermain yang cukup luas. Sehingga banyak kita jumpai anak-anak yang bermain layang-layang atau mencari ikan di area persawahan.

Nah itulah alasan kenapa desa mempunyai beberapa kelebihan yang menjadikan mengapa hidup di desa lebih menyenangkan dibandingkan di kota. Kondisi tersebut tentu ada beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebab antara desa dan kota mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri. Sehingga desa dan kota akan saling melengkapi untuk menunjang kemajuan dalam berbagai bidang.

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pacific Caesar Targetkan Final IBL

Tour d’Indonesia 2018 Dimulai dari Borobudur