in

6 Band Indonesia Ini Penjualan Albumnya Laris Manis Bak Kacang Goreng

Ngomong-ngomong soal musik memang tidak pernah ada habisnya. Hampir setiap hari selalu saja ada lagu baru yang diputar untuk didengarkan (yaiyalah). Tapi, saat ini, kebanyakan musisi Indonesia memilih untuk merilis single, alih-alih album. Jaman sudah berubah, Bung!


Pada era 2000-an, banyak band bagus yang bermunculan. Mereka pun mengawalinya dengan mengeluarkan album. Sayangnya, tidak semua berakhir dengan kesuksesan. Banyak yang gagal.


Akan tetapi, beberapa ada juga yang mampu mendapatkan keuntungan besar berkat kesuksesan albumnya. Sebanyak enam band yang terangkum di artikel ini pernah menggebrak Indonesia dengan penjualan album mencapai 1 juta kopi. Siapa saja mereka?


1. Sheila on 7

Band yang satu ini sempat menjadi fenomena di kalangan anak muda. Awalnya, mereka beranggotan 5 personel yaitu Duta (vokalis), Eross (gitaris), Sakti (gitaris), Adam (bassis), dan Anton (drummer). Tapi, kini personel mereka menyusut menjadi empat saja. Sakti dan Anton memilih keluar. Hanya Brian saja masuk sebagai drummer baru.


Tapi, bukan soal personel yang akan dibahas di sini. Mereka pernah mencatatkan sejarah yang baru di belantika musik Indonesia dengan menjual album mencapai angka 1 juta kopi. Tak tanggung-tanggung, sebanyak tiga album yaitu Sheila on 7 (1999), Kisah Klasik untuk Masa Depan (2000), dan 07 Des (2002) mampu terjual dia atas angka tersebut.


SO7 pun tercatat sebagai satu-satunya band dengan penjualan album di atas 1 juta kopi terbanyak sepanjang sejarah dunia musik Indonesia. Lagipula lagu-lagunya emang easy listening banget sih. Coba aja dengerin Kita, Sephia, Yang Tak Terlewatkan dll.


2. Dewa 19

Siapa yang kangen sama band ini? Ya mereka sendiri terkenal dengan lagunya yang hits pada 1990-an berjudul Kangen. Terlepas dari kontroversi yang sang pentolan dan kebiasaan gonta-gonta personel, Dewa 19 nyatanya juga pernah menjual album mencapai 1 juta kopi.


Dua album tersebut adalah Bintang Lima (2000) dan Cintailah Cinta (2002). Pergantian vokalis dari Ari Lasso ke Once memang cukup berpengaruh pada penjualan album tersebut. Banyak pihak yang penasaran dengan pergantian tersebut. Tapi memang masih banyak faktor lain yang membuat Baladewa dan pecinta musik tanah air mau menyisihkan uang untuk membeli album band pimpinan Ahmad Dhani itu.


Kini, band asal Surabaya ini sudah bubar. Tapi lagu-lagunya masih asyik buat didengerin kok.


3. Jamrud

Pernah denger lagu Pelangi di Matamu? Kalau Ningrat gimana? Surti-Tejo yang terdengar kocak itu juga pernah kan?


Jamrud adalah band di balik terciptanya lagu-lagu tersebut. Band yang satu ini memang terkenal dengan lirik dan video klipnya yang kocak. Tapi romantis pun juga nggak ketinggalan. Kalian masih hafal dengan lirik Pelaing di Matamu sampai sekarang, bukan?


Nah, semua lagu tersebut masuk dalam album Ningrat (2000). Album tersebut pun tercatat pernah terjual mencapai 1,8 juta kopi. Hebat nggak tuh?


4. Padi

Ini nggak ada kaitannya kok sama makanan pokok kita. Kebetulan aja namanya sama. Atau emang nama band ini diambil dari panganan yang sehari-hari menjadi konsumsi wajib masyarakat Indonesia itu.


Meski sebenarnya bukan termasuk band dengan penggemar yang banyak, nyatanya Padi tercatat menjadi band yang pernah punya album laku keras. Album mereka yang berjudul Sesuatu yang Tertunda (2001) berhasil dijual dengan angka 1,8 juta kopi lebih.


5. Peterpan

Nah, kalau yang satu ini merupakan fenomena yang sangat menggelegar pada masanya. Dengan dipimpin oleh Ariel, band yang berdiri pada 2000 itu juga pernah membuat penikmat musik Indonesia berkiblat pada mereka. Setidaknya, sudah dua album yang pernah mereka bukukan amat laris manis.


Kedua album tersebut adalah Bintang di Surga (2004) dan Alexandria (2005). Malah, Bintang di Surga tercatat sebagai album terlaris sepanjang sejarah musik Indonesia dengan terjual mencapai 2,7 juta kopi.


Sayangnya, saat ini Peterpan telah berganti nama (dan personel sih) menjadi NOAH.


6. Radja

Dengan keunikan Moldy sebagai gitaris, Radja mampu menyuguhkan hal baru di dunia musik Indonesia. Moldy merupakan seorang gitaris kidal yang menjadi pemandangan unik saat tampil.


Terlepas dari hal tersebut, band yang digawangi oleh Ian Kasela ini juga termasuk pernah menjual album sampai 1 juta kopi lebih. Album Langkah Baru (2004) benar-benar menjadi langkah baru bagi Radja dengan menjadi band yang tercatat Dalam sejarah penjualan album terlaris.

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by Julliana Elora

Swiss Pegang Kendali

7 Tanda Jika Kamu Menyukai Sahabat Kamu Sendiri