in

Agussani Rektor UMSU Periode 2018 – 2022 

MEDAN (Berita): Dr Agussani MAP kembali dipercaya memimpin Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) untuk periode 2018-2022. Pelantikan Agussani menjadi Rektor UMSU dilakukan Ketua Majelis Dikti dan Litbang PP Muhammadiyah Prof Dr Lincolin Arsyad, di kampus Jalan Mukhtar Basri Medan, Kamis (3/5).

Hadir pada pelantikan itu Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr Haedar Nashir dan unsur PPM lainnya, Suyatno, Marpuji Ali, Agung Danarto. Hadir juga pejabat Forum Komunikasi Pemerintahan Daerah, pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Aisyiyah Sumatera Utara dan mitra UMSU.

Ketua PP Muhammadiyah Dr Haedar Nashir dalam sambutannya mengatakan, pengangkatan Dr Agussani menjadi rektor untuk ketiga kalinya menjadi pertimbangan khusus PP Muhammadiyah. “Agussani memiliki tugas untuk menyukseskan Program re-Akreditasi A dan menjadikan UMSU sebagai pusat keunggulan,” ujarnya.

Haedar berharap seluruh perguruan tinggi Muhammadiyah yang ada diharapkan menjadi kekuatan Muhammadiyah untuk memajukan anak bangsa. Gerak kemajuan Muhammadiyah terus dikembangkan dengan dibangunnya fasilitas pendidikan di Melborne,  Mesir  dan Malaysia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Muhammadiyah didirikan oleh KH Ahmad Dahlan dengan misi membawa perubahan sosial yang lebih maju dan hal itu harus digalakkan, khususnya dikalangan Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

“Marilah kita menjadi pelopor perubahan sosial demi terwujudnya masyarakat yang lebih baik. Untuk mengubah nasib masyarakat yang lebih baik adalah tugas kita bersama. Mari kita bekerja dengan kegembiraan demi kebaikan umat,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, semua Perguruan Tinggi Muhammadiyah harus juga dapat menjadi pusat pencerahan yang mampu melahirkan generasi-generasi bukan hanya cerdas berilmu namun juga memiliki nilai-nilai religius.

Pusat pencerahan, tersebut bukanlah hanya sekadar istilah dan diksi yang retorik, karena majunya suatu bangsa juga sangat ditentukan oleh gerakan pencerahan seperti yang sudah terjadi disejumlah negara.

“Kampus sebagai pusat pencerahan harus mampu melahirkan generasi yang memiliki nilai religuisitas, cerdas berilmu, berkarakter dan juga melahirkan generasi yang memiliki solidaritas,” katanya.

Yang tidak kalah pentingnya, lanjut dia, karakter religius harus ditanamkan pada mahasiswa, karena generasi yang berkarakter sangat diperlukan demi terwujudnya bangsa yang maju dan mampu bersaing dengan bangsa lain.

Sikap wasathiyah, moderat, dan pluralisme harus terus terus dipraktekan untuk membangun peradaban dan bangsa ini kedepan memerlukan arah perjalanan yang jelas, sesuai dengan cita-cita pendiri bangsa, yakni membangun bangsa Indonesia yang merdeka, adil, makmur, dan berkeadilan.

“Bangkitkan masyarakat kita untuk melakukan perubahan sosialnya sendiri, karena perubahan nasib suatu masyarakat tergantung dengan bagaimana masyarakat itu mau berusaha untuk berubah ke arah yang lebih maju,” katanya

Pada kesempatan pelantikan itu Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dr Dian Armanto menegaskan, UMSU memiliki berbagai keunggulan dibanding PTS lainnya di UMSU. “Saya bangga dengan UMSU,” ucapnya.

Dr Agussani MAP usai dilantik menyampaikan janji pelantikan yang berisi lima butir janji, diantaranya menjunjung tinggi petunjuk Allah sesuai Al Quran dan Sunnah. Kemudian, mematuhi perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku di perguruan tinggi, berpedoman paga garis-garis persyarikatan yang tertuang pada muqaddimah AD Muhammadiyah, menegakkan prinsip musyawarah dan mendahulukan kemashlahatan umat dan membina semangat. (aje)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Lantik Dubes RI untuk Afrika Selatan dan Anggota KPPU

Asean Youth Camp 2018 Kunjungi DPD RI