in

Alfie Alfandy jadikan Ramadhan untuk maksimalkan ibadah

Jakarta (ANTARA) – Aktor dan pendakwah muda Alfie Alfandy mengatakan selalu memaknai bulan Ramadhan setiap tahunnya sebagai Ramadhan terakhir baginya agar bisa selalu beribadah dengan maksimal.

“Aku pribadi menjadikan bulan puasa tahun ini bulan Ramadhan terakhir untuk aku jadi berusaha untuk semaksimal mungkin, karena enggak tahu umur kapan, bahkan Ramadhan besok pertama mungkin yang terakhir jadi maksimal terus mudah-mudahan,” ucap Alfie saat ditemui di Jakarta, Selasa (21/3).

Baca juga: Tradisi Lebaran Tompi, mudik ke Aceh dan tak kasih uang ke anak
 

Sebagai pegiat dan penggerak dakwah dengan bermotor bernama Bikers Dakwah, ia mengatakan akan tetap melakukan kegiatan tersebut namun tidak selama satu bulan Ramadhan.

 

Hal itu ia katakan karena akan berbahaya jika bermotor saat sedang berpuasa karena bisa menghilangkan konsentrasi.

 

“Kalau puasa enggak fokus, bahaya, karena kata Allah kalau lagi safar (perjalanan jauh) boleh batalkan puasa otomatis fokusnya berkurang kalau naik motor, bahaya,” jelasnya.

 

Selama Ramadhan, komunitas Bikers Dakwah akan melakukan safari ke sekolah-sekolah untuk melakukan dakwah secara cuma-cuma dengan program Bikers Dakwah Goes to School. Selain itu komunitas ini juga akan mengadakan Ramadhan Jam Malam untuk melakukan muhasabah diri dan diskusi malam.

 

Mengenai kebiasaan saat bulan Ramadhan, Alfie mengatakan tidak ada persiapan khusus yang dilakukan ia dengan keluarga. Ia mengatakan hanya mempersiapkan hati untuk menyambut bulan suci ini dan persiapan untuk sahur.

 

Ia juga mengaku ada makanan favorit saat memasuki bulan yakni es blewah dan kurma.

 

“Makanan favorit bulan Ramadhan adalah es blewah dan kurma,” jawabannya sumringah.

 

Ia juga mengingatkan khususnya bagi kaum muda untuk selalu membaca sholawat nabi dan kalimat dzikir agar selalu mengingat Allah dan Rasul-Nya sebagai amalan baik selama bulan puasa.

 

“Tolong jaga ketiga kalimat ini, ‘Astaghfirullah Al ‘adzim’, ‘Lailahailallah Muhammadurasulullah’, ‘Allahumma Sholli ‘ala Sayyidinaa Muhammad’, tolong satu hari minimal 100 kali karena dengan hal itu Insya Allah akan membuka hijab kita dengan Allah SWT, artinya kita mengetahui kebesaran Allah dan kita takut pada Allah dan kita rindu dan cinta pada Allah dan Rasul SAW,” ucap Alfie.

Baca juga: Nisya Ahmad pererat silaturahmi dengan keluarga besar saat Ramadhan

Baca juga: Isyana jadikan Ramadhan momen unjuk bakat memasak pada suami

Baca juga: Persiapan Ramadhan Dewi Sandra

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2023

What do you think?

Written by Julliana Elora

Kendrick Lamar hingga TXT akan ramaikan festival Lollapalooza 2023

Sehari jelang puasa, gedung LPPM Universitas Palangka Raya terbakar