in

Andre Rosiade: IKM Siapkan 50 Bus Pulang Basamo Perantau Minang

Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Minang (DPP IKM) akan menggelar kegiatan ‘Pulang Basamo’ atau mudik bareng pada Ramadan tahun 2023 bagi para perantau.

Ketua Harian DPP IKM Andre Rosiade menjelaskan saat ini pihaknya tengah melakukan berbagai persiapan terkait rencana tersebut. Adapun kegiatan Pulang Basamo ini diperkirakan menyediakan 50 armada bus.

“Insyaallah kami siapkan 50 bus, mudah-mudahan kegiatan Pulang Basamo yang diinisiasi oleh DPP IKM ini dapat membantu perantau Minang yang ingin pulang kampung,” ujar Andre, kemarin.

Anggota DPR RI ini pun menambahkan kegiatan Pulang Basamo merupakan tradisi rutin yang dilakukan oleh para perantau Minang melalui wadah IKM menjelang atau usai perayaan Idul Fitri. Namun kegiatan tersebut sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

“Karena kita tahu sejak pandemi 2020 kemarin, sulit perantau Minang untuk pulang kampung menengok kampung halaman. Karena itu kita berusaha menghidupkan kembali tradisi tahunan ini untuk sama-sama kita pulang ke kampung halaman,” imbu Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat tersebut.

Sementara itu Sekjen DPP IKM Nefri Hendri mengatakan selain melakukan berbagai persiapan, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait, seperti Kementerian Perhubungan dan Polri. Adapun waktu keberangkatan nantinya juga akan diberitahukan lebih lanjut.

“Sampai saat ini masih kami masih bahas persiapan teknisnya, program itu insyaallah akan berjalan. Terkait kapan waktu pelaksanaan dan titik kumpul keberangkatan diinformasikan lebih lanjut,” pungkasnya.

Pulang Basamo adalah istilah dalam bahasa Minangkabau yang berarti mudik secara bersama-sama menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tradisi ini dilakukan oleh perantau Minang dan diselenggarakan oleh organisasi perantau tujuan mudik mereka. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Jelang Ramadhan IPHI Seluruh Indonesia Tetap Solid dan Tidak Takut Teror

Tidak Ribet dan Bisa Dicas dari Rumah, Motor Listrik Makin Diminati