in

Apakah Benar Bahaya Minum Soda Sama Dengan Merokok?

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa meminum minuman bersoda atau yang mengandung pemanis buatan itu bahayanya sama saja dengan merokok. Minuman soda yang mengandung pemanis buatan akan membuat sell tubuh kita cepat menua seperti halnya rokok

Hasil dari penelitian ini didapatkan setelah mengamati perbedaan sel dari orang yang sering mengonsumsi mnuman bersoda dengan orang yang tidak pernah minum soda.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health Researchers ini dilakukan selama tiga tahun yaitu dari tahun 1999 sampai tahun 2002 pada orang dewasa di amerika serikat yang tidak memiliki riwayat penyakit diabetes maupun penyakit jantung.

Para peneliti menyebutkan ketika kita mengonsumsi minuman bersoda atau pemanis buatan akan membuat sel darah putih cepat rusak, berarti ini juga sama halnya terjadi ketika orang sering merokok.

Meskipun begitu peneliti berpendapat bahwa bahaya rokok terhadap tubuh masih lebih berbahaya dibanding minuman soda. namun perihal yang kemampuan  untuk membuat sel darah putih cepat rusak soda memang sama bahayanya dengan rokok.

Ketika mengamati kromosom partisipan, peneliti menemukan bahwa mengonsumsi soda secara teratur akan memperpendek telomere. Telomere adalah sekumpulan DNA yang sangat penting untuk sel. Telomere akan semakin memendek ketika orang bertambah usia dan tak bisa beregenerasi. Ketika terlalu pendek, telomere akan membuat sel mati. Dengan kata lain, konsumsi soda tak hanya memperpendek telomere, tetapi juga bisa memperpendek usia seseorang.

Telomere yang pendek tak hanya ditemukan ketika orang mengonsumsi minuman soda, tetapi juga orang yang memiliki kebiasaan merokok atau minum jus buah. Ini kemungkinan karena kandungan gula yang banyak dalam jus buah, meski yang alami sekalipun.

Jadi kesimpulanya, untuk menghindari hal yang tidak kia inginkan, sebaiknya kurangi minum minuman soda atau merokok, serta minum jus buah mulai saat ini.

What do you think?

Written by virgo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Mau Kelihatan Keren Di Mata Pria? Lakukanlah Langkah Ini!

5 Tanda-tanda Kanker Ovarium Yang Wajib Diketahui!