in

Arakan Bungo Siriah Meriahkan FTG

DUKUNG Kemendikbudristek RI
PROGRAM
DAERAH: Nagari Cubadak menggelar FTG yang dibuka
langsung Bupati
Tanahdatar, Eka Putra, Sabtu (20/8).(IST)

Satu persatu nagari antusias mewujudkan program unggulan Pemkab Tanahdatar, yakni satu nagari satu event. Kali ini giliran Nagari Cubadak di Kecamatan Lima Kaum, menggelar Festival Tabek Ganggam (FTG) yang dibuka langsung Bupati Tanahdatar, Eka Putra, Sabtu (20/8).

Wali Nagari Cubadak Asrizallis menyampaikan, FTG dipusatkan di kawasan wisata Tabek Ganggam. Acaranya dimeriahkan arakan siriah dan tradisi adat salingka nagari. Lalu, tampil aneka atraksi seni budaya lokal, suguhan aneka kuliner rakyat, sepeda santai dan lainnya.

Diawali dengan suguhan musik talempong pacik dan pemukulan gentong, katanya arakan bungo siriah diikuti 1.000- 1.500 orang dari unsur kaum adat, bundo kanduang, serta dubalang.

“Kegiatan ini dilaksanakan bukan hanya akan menampilkan budaya adat kearifan lokal semata, namun lebih dari itu. Event ini bertujuan untuk peningkatan ekonomi masyarakat nagari dan sebagai media pewarisan nilai adat dan budaya pada generasi penerusnya,” tukas Asrizal.

Sementara itu, Eka Putra mengapresiasi masyarakat Nagari Cubadak yang telah menghelat event nagari sebagai wujud kecintaan terhadap tradisi adat budaya. Katanya, salah satu tujuan program satu nagari satu event, untuk mendorong kreativitas masyarakat ataupun sanggar yang ada di nagari.

Sehingga, dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke nagari itu. Selain itu, menurut Eka Putra melestarikan budaya lokal, dengan bersama sama generasi muda dan pemangku adat, secara tidak langsung memunculkan kembali rasa kebersamaan untuk memajukan nagari melalui adat salingka nagari.

“Saat ini, laporan dari panitia dari empat perhelatan satu nagari satu event yang telah digelar, telah terjadi perputaran uang kurang lebih Rp 2,5 miliar dengan jumlah pengunjung 30 ribu orang,” ucap bupati.

Diakhir arahan, Eka Putra mengungkapkan bahwa Pemkab Tanahdatar bangga kepada Nagari Cubadak yang telah mewujudkan program unggulan Tanahdatar. (stg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Suporter SMAN 1 Padang Tetap Semangat Dukung Tim Kesayangan

Adi Indra, Si Pustakawan: Tingkatkan Minat Baca, Ciptakan Kreativitas