in

Asal Usul Bitcoin Dan Penemunya Yang Misterius

Siapa yang tidak tahu tentang BITCOIN ?, Warganet kini sedang dihebohkan dengan harga bitcoin yang naik secara derastis, hingga mencapai 200 juta lebih per 1 Bitcoin-nya. Meski penggunaannya mulai ramai diminati di Indonesia, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui tentang Bitcoin khusunya masyarakat awam.

Bitcoin merupakan mata uang virtual dan tidak berwujud seperti selembar kertas atau logam layaknya transaksi pada umumnya. Pemilik Bitcoin dapat melakukan transaksi melalui berbagai perangkat elektronik seperti komputer atau ponsel selama tersambung dengan internet. Keunikan Bitcoin tidak hanya terletak pada penggunaannya tetapi juga pada penemuannya.

Bagaimana tidak, hingga saat ini penemunya yang disebut-sebut bernama Satoshi Nakamoto masih menjadi misteri. Sebagian peneliti masih mencoba menebak rahasia di balik nama tersebut dan hanya menemukan jalan buntu. Bahkan mesti telah didaulat sebagai miliarder karena transaksi bitcoinnya, pemilik nama Satoshi Nakamoto ini tidak pernah menunjukan batang hidungnya ke depan publik.

Bitcoin, mata uang yang seperti apa ?

Berbicara secara definisi, Secara umum Bitcoin merupakan mata uang virtual yang memungkinkan masyarakat malakukan transaksi finansial secara langsung dengan menggunakan perangkat elektronik tertentu. Lebih jelasnya, Bitcoin bukan mata uang khusus di sebuah negara atau bank. Nilai mata uangnya ditentukan hanya berdasarkan penggunannya dan pasar virtual asing (valas).

Asal-usuk Bitcoin

Nakamoto mengklaim dirinya telah mengerjakan proyek Bitcoin sejak 2007, pada 2008 dia mempublikasikan sebuah laporan penelitian bertajuk The  Cryptography Mailing List di metzdowd.com . Isi laporannya mengenai deskripsi Bitcoin sebagai mata uang digital.

Satu tahun kemudian, dia meirilis software Bitcoin dan meluncurkan jaringan serta unit mata uang pertamanya yang terkenal super canggih. Dengan penyebarannya secara global di internet, beberapa sistem pertukaran barupun muncul pada 2010.

Setelah itu, pertukaran file Bitcoin dari satu komputer ke komputer lain semakin mungkin dilakukan dengan harga yang lebih rendah. Sementara itu, konsep mata uang digital pertama kali muncul pada 1999 dari Wei Dai yang dikenal dengan b-money.

Satuan mata uang Bitcoin

Seperti mata uang pada umumnya, bitcoin juga dirasa perlu memiliki satuan khusus dalam penyebutannya. Terdapat banyak diskusi yang digelar para penggiat Bitcoin. Hingga saat ini, penggunaan Bitcoin digunakan dengan batasan satuan sebanyak 8 desimal.

Sejumlah nama yang diajukan diantaranya dimulai dari 1 Bitcoin dengan lambang 1BTC. Berikutnya adalah 0,01 BTC setara dengan 1cBTC atau 1 centiBitcoin. cBTC juga sering diucapkan dengan sebutan bitcent.

Selanjutnya adalah 0,001 BTC yang nantinya disebut 1 mBTC atau 1 milibitcoin. Sebutannya saat ini masih bervariasi seperti mbit, millbit, atau bahkan bitmill. Diatasnya terdapat 0,000001 BTC yang sama dengan 1 microbitcoin dan dikenal sebagai ubit atau microbit.

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by Julliana Elora

Dokter Bimanesh diperiksa KPK

5 Alasan kenapa kamu harus coba Bajaj Qute