in

Awas!, Inilah Beberapa Tanaman Yang Bisa Membunuhmu, Nomor Satu Dari Indonesia

Tanaman sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Tanaman adalah salah satu unsur terpenting bagi bumi kita tercinta ini. Sebab tanamanlah yang akan menghasilkan oksigen yang kita hirup sehari-hari, sekaligus mengurangi polusi udara. Tapi tidak semua tanaman itu bermanfaat bagi kita. Karena ada beberapa tanaman berikut yang merupakan sebuah mimpi buruk bagi kita. Sebab meskipun tampilannya menarik, indah, dan mempesona, tapi beberapa tanaman tersebut sangat beracun bahkan mematikan bagi kita. Sehingga kita harus berhati-hati dengan beberapa tanaman tersebut.   

1. Kacang Rosario

Kacang rosario (Abrus precatorious) merupakan tanaman asli dari Indonesia yang sering disebut sebagai “mata kepiting”. Karena warnanya merah dan hitam yang indah, kacang rosario sering digunakan dalam pembuatan perhiasan. Meskipun asli Indonesia, kacang Rosario diperkenalkan sampai ke Amerika Serikat sebagai tanaman hias, di mana ia telah menjadi naturalisasi dan tumbuh pesat di Amerika Serikat bagian selatan, seperti Hawaii dan Puerto Rico.

Abrin dan toksin yang terkandung dalam kacang rosario bisa menyerang sel-sel tubuh manusia dengan cara menghambat sintesis protein yang penting untuk kesehatan sel. Kacang rosario memiliki dua cara untuk menyerang tubuh manusia, yakni melalui udara dan mulut. Jika menghirup toksin kacang rosario, maka yang  terjadi korban akan mengalami mual, demam, dan sakit di bagian paru-paru.

Sedangkan menelan kacang rosario menyebabkan mual dan muntah yang mengarah ke dehidrasi, diikuti oleh mematikan ginjal, hati, dan limpa, yang mengakibatkan kematian yang fatal. Saat ini, tidak ada penangkal racun dari kacang rosario. Perhatian medis yang diberikan hanya untuk menenangkan dan mengurangi rasa sakit, tetapi tidak ada cara untuk menghambat racun yang telah menyebar ke seluruh tubuh.

2. Manchineel

Manchineel (Hippomane mancinella) adalah pohon berbuah yang ditemukan di daerah pesisir Karibia, termasuk Hindia Barat dan Amerika Tengah. Penduduk setempat dari negara-negara berbahasa Spanyol menyebut pohon ini sebagai “arbol de la muerte” atau pohon kematian. Pohon itu menghasilkan getah mulai dari kulit, daun, buah, dan bahkan ranting. Getah ini dapat membakar kulit sehingga bisa lecet. Jika getah mengenai luka terbuka, maka dapat memasuki aliran darah dan menyebabkan kematian.

Pembakaran pohon manchineel dapat menyebarkan racun melalui udara. Sedangkan kontak langsung dengan mata dapat menyebabkan iritasi hingga menyebabkan kebutaan. Buah dari machineel ini tergolong kecil dan tampak seperti apel kecil, rasanya juga manis. Tapi rasa manisnya ini yang kemudian diikuti oleh pembengkakan pada tenggorokan dan berpotensi mematikan. Sehingga penduduk asli telah menggunakan getah pohon ini untuk melapisi panah mereka ketika berburu.

Baca Juga: Meme Kocak Tentang Polisi Ini Bakal Buat Kalian Minta Untuk Terus Di Tilang

3. Monkshood

Monkshood (Aconitum napellus) adalah tanaman berbunga yang memiliki banyak nama, di antaranya adalah kutukan harimau, kutukan anjing, helm prajurit, dan istri tua. Berasal dari Eropa barat dan tengah, monkshood termasuk ke dalam tanaman berbunga hias yang paling mudah dikenali, yang berbentuk seperti kap seorang biarawan. Monkshood mengandung alkaloid yang dikenal sebagai aconitine.

Aconitine menyebabkan kerusakan pada saluran natrium yang secara langsung berhubungan dengan fungsi jantung. Gejala keracunan monkshood termasuk kesemutan, mati rasa dari mulut dan lidah, mual, muntah, sesak napas, detak jantung yang lemah dan tidak teratur, nyeri, kejang, dan kelumpuhan pada akhirnya menyebabkan kematian.

What do you think?

Written by virgo

Ekonomi Triwulan I Bakal Lambat

Satpol PP Pariwisata yang Akan Dibentuk Pemko Pekanbaru Pakai Busana Melayu