in

Ayo,Tingkatkan Kapasitas Guru PAUD

DUKUNGAN: Bupati
Pasbar, Hamsuardi
mendukung pelaksanaan lokakarya 1 angkatan 7 calon guru penggerak Pasaman Barat.

Begitu besarnya peranan guru. Bahkan guru merupakan unsur yang sangat menentukan kualitas pendidikan. Semakin baik kualitas dan karakter guru di sekolah, maka akan semakin baik juga kualitas pendidikan di daerah tersebut.

Untuk itu, Pemkab PasamanBarat terus berupaya untuk meningkatkan kualitas guru, baik guru PAUD, SD maupun SMP. Upaya peningkatan kualitas dimaksudkan agar guru memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kapasitas guru adalah dengan melaksanakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Kepala Sekolah PAUD yang telah dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasaman Barat di Hotel Guci Simpang Empat, sejak 24 sampai 29 November 2022.
Kegiatan yang diikuti oleh 150 peserta dari 11 Kecamatan di Pasaman Barat ini dibimbing

oleh langsung oleh Narasumber dari Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Barat (Dr. Yenita Irawati S) dan HIMPAUDI Sumatera Barat (Emelda, M.Ed). Kegiatan selama 4 hari tersebut fokus membahas topik tentang manajemen PAUD, implementasi kurikulum merdeka, dapodik PAUD dan perencanaan berbasis data.

Bimbingan Teknis dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasaman Barat, Agusli dihadiri kabid PAUD & PNFI Kasiman, Kasi PM GTK PAUD Zaldi, kasi kesiswaan Suparlin dan PPTK Putri Rismawanti beserta panitia lainnya.

Pada sesi acara pembukaan, kadis Pendidikan dan Kebudayaan Pasaman Barat menyampaikan bahwa, pendidikan PAUD sangat penting. Sebab problematika saat ini menunjukkan bahwa angka partisipasi PAUD masih jauh dari angka pemenuhan SPM pendidikan yaitu masih di angka 60 persen.

Sementara itu menurut dapodik satuan Pendidikan PAUD, bahwa di Pasaman Barat ada 261 unit lembaga PAUD. Jumlah tersebut tentunya tidak sedikit, dan hal tersebut membuktikan bahwa PAUD pada masa mendatang menjadi kebutuhan wajib bagi para orangtua yang memiliki anak pada rentang usia 0-6 tahun.

Diharapkan kegiatan bimtek PAUD ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta bimtek, sehingga dapat mensukseskan proses belajar mengajar pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Pasaman Barat.(***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ketua Demokrat Sumbar Sebut Januari 2023 Momentum Tepat Deklarasikan Anies-AHY

Ketua DPRD: Belum Ada Kesepakatan Soal Zakat