in

Bank Mestika Gelar Donor Darah di Auditorium UNP

Untuk menambah jumlah pasokan darah yang dibutuhkan masyarakat Sumatera Barat, Bank Mestika mengadakan kegiatan donor darah dengan tema “Donor Darah, Selamatkan Jiwa, Sehatkan Raga” yang dilaksanakan di Gedung Auditorium Universitas Negeri Padang, 13-14 Maret 2023.

Bank Mestika berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia dan Universitas Negeri Padang guna memaksimalkan program donor darah dan menolong masyarakat yang membutuhkan pertolongan berupa darah.

Kepala Cabang Bank Mestika Kota Padang Faritzs Adam mengatakan Bank Mestika telah mengadakan donor darah setiap tahun dengan rata-rata pengumpulan darah 1.000 kantong per tahun.

“Dengan banyaknya keinginan pendonor yang hendak mendonorkan darahnya, kami optimis mencapai 2.000 kantong pada tahuni,” katanya saat diwawancarai.

Selanjutnya, ia menjelaskan kegiatan donor darah ini sengaja ditempatkan di UNP agar para mahasiswa juga turut meramaikan donor darah ini yang dilaksanakan selama 2 hari.

Bukan hanya kegiatan donor darah, dalam momen tersebut juga dimanfaatkan oleh UMKM mahasiswa yang ada dengan adanya stand khusus UMKM.

“Di sini kita juga menyediakan stand untuk UMKM mahasiswa. Mahasiswa dapat meramaikan kegitan donor darah dan peserta donor darah juga dapat keuntungan dengan menukarkan kupon dengan produk yang ada di stand UMKM ini,” katanya.

Selanjutnya, Kepala PMI Sumatera Barat Aristo Munandar kepada Padang Ekspres saat diwawancarai mengatakan bantuan kemanusiaaan berupa donor darah ini sesuai dengan peraturan per-UU yang berlaku.

“Memberikan pelayanan donor darah ini sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Apabila dilihat antara pemasokan dan kebutuhan darah sangat jauh,” katanya lagi.

Menurutnya, per harinya Sumatera Barat membutuhkan 200 kantong darah lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang sakit.

Ia mengimbau masyarakat untuk dapat melaksanakan donor darah sebagai bentuk untuk menjaga darah agar tetap sehat dan juga dapat menjadi penolong sesama yang membutuhkan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Padang Ferri Erviyan Rinaldy mengatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Bank Mestika.

“Kita dari pemerintah kota Padang sangat mengapresiasi kegiatan donor darah yang telah dilaksanakan oleh bank Mestika dan juga kolaborasi dengan Universitas Negeri Padang karena mengingat banyaknya kebutuhan akan darah di Padang juga di Sumatera Barat,” katanya.

Selanjutnya, ia berharap agar masyarakat dapat memaksimalkan dan memanfaatkan momen donor darah untuk melakukan kegiatan sosial berupa pendonoran darah untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan. (cr5)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Dibina PLN Sumbar, KUB Bank Sampah Pasie Nan Tigo Pameran di China

Rayhan Noor lepas video klip penuh makna lengkapi “Dari Balik Jendela”