in

Barantan RI Lakukan Sinergisitas Pemeriksaan di Border 14 Pelabuhan dan Bandara

PADEK.CO– Badan Karantina Pertanian (Barantan RI) menjadi energizer bagi ekspor pertanian. Sejalan dengan tugas strategis yang diberikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Badan Karantina Pertanian telah melakukan beberapa langkah. Terbaru, melakukan percepatan layanan ekspor, baik dengan tindakan karantina, maupun digitalisasi layanan.

“Salah satu percepatannya adalah dengan melakukan sinergisitas pemeriksaan di border. Saat ini sudah 14 pelabuhan dan bandara yang makin cepat layanannya,” kata Kepala Badan Karantina Pertanian, Ir Bambang MM, di arena Penas Tani XVI di Kota Padang.

Menurut Bambang, percepatan layanan yang masuk dalam program pembenahan ekosistem logistik nasional ini, merupakan instruksi Presiden.

“Selain itu, guna meningkatkan daya saing produk pertanian di pasar global kami pun melakukan digitalisasi layanan, agar makin cepat dan lebih akurat,” tutup Bambang.

Sementara itu, Mentan Syahrul Yasin Limpo kepada wartawan menyampaikan apresiasi, atas kerja keras kepada gubernur, bupati, wali kota terutama petani dan nelayan se-Indonesia atas capaian kinerja ekspornya yang tumbuh signifikan, yakni sekitar 6 persen atau dari Rp300 triliun menjadi Rp665 triliun.

“Selama pandemi Covid-19 ekspor pertanian dapat tumbuh, ini bukan Kementerian Pertanian yang buat data, tapi BPS,” kata Syahrul Yasin Limpo di Padang, Sabtu 10 Juni 2023.

Hal tersebut disampaikan Syahrul pada pembukaan Penas Tani ke-XVI yang dipusatkan di Lapangan Udara Sutan Sjahrir, Kota Padang, Sumatera Barat 10 hingga 15 Juni 2023.

Selain itu, berdasarkan data juga selama tiga tahun dunia dilanda pandemi Covid-19, sektor pertanian mampu menjadi bantalan atau penopang ekonomi nasional.

“Presiden menyampaikan terima kasih sebab kita (pertanian) bisa menjadi bantalan ekonomi serta menjadikan Indonesia negara yang terbaik dalam menghadapi turbulensi Covid-19,” lanjut Mentan.(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

WOW, Bunker Narkoba Ditemukan di Sebuah Kampus Ternama

Danlanud SUT Hadiri Upacara Penutupan Latsitarda Nusantara XLIII