in

Bawaslu Respons Masalah saat Hari Pemungutan Suara

BP/IST
Iin Irwanto, ST, MM Ketua Bawaslu Sumsel

Palembang, BP

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan jajaran menemukan sejumlah masalah terjadi pada saat hari pemungutan suara, Rabu (17/4). Dari hasil pengawasan tersebut, Bawaslu Provinsi melakukan sejumlah langkah untuk menjaga hak pilih setiap warga negara yang berhak memilih.

“Selain melakukan pengawasan langsung, kami juga menerima aduan dari masyarakat yang menyampaikan bahwa mereka tidak bisa mencoblos karena masalah-masalah teknis. Menanggapi laporan tersebut, kami langsung meresponsnya dengan melakukan investigasi ke sejumlah TPS bermasalah,” kata  Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel Iin Irwanto, didampingi dua anggota Bawaslu Provinsi Sumsel Junaidi dan Syamsul Alwi, Rabu (17/4/2019) malam.

Langkah yang dilakukan Bawaslu RI tersebut, menurut Iin, diikuti oleh jajaran Bawaslu Kabupaten / Kota di Sumsel hingga jajaran di tingkat bawah. “Kami telah memerintahkan Bawaslu Kabupaten/kota untuk menindaklanjuti aduan masyarakat, dan menjaga hak pilih warga negara. Jika dari hasil pengawasan didapatkan hal-hal yang memenuhi syarat untuk dilakukan pemilu susulan atau pemilu lanjutan silakan disampaikan ke jajaran KPU,” tutur Iin.

Hingga Rabu (17/4) malam, jajaran Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan terus melakukan pengawasan terhadap proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran pemilu di wilayah Sumatera Selatan. #osk

What do you think?

Written by Julliana Elora

KPU Palembang mulai simulasi dan distribusikan logistik Pemilu

BERITAPAGI – Kamis, 18 April 2019