in

Beragam Kesenian Daerah Tampil di Pekan Kebudayaan Daerah 2022

Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) 2022 Provinsi Sumbar resmi digelar hari ini. Event yang diselenggarakan dari tanggal 1 hingga 5 Oktober 2022 tersebut akan menampilkan sejumlah kesenian tidak hanya dari Sumbar, tapi juga kesenian daerah lainnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Syaifullah mengatakan, PKD 2022 digelar dalam rangka memeriahkan HUT Provinsi Sumbar yang ke-77 pada tanggal 1 Oktober 2022.

Selain itu, tujuan dari penyelenggaraan PKD 2022 adalah untuk memberi ruang dan apresiasi kepada seniman dan budayawan agar bisa menampilkan semua talenta yang dimiliki dalam melestarikan kebudayaan daerah.

Sejumlah pertunjukan yang ditampilkan di antaranya Reog Kuda Lumping dari Sanggar Seni Singo Budoyo dari Kabupaten Dharmasraya, pertunjukan Turuk Laggai dari Mentawai.

“Nanti juga ada Festival Cepak Cepong yang merupakan pameran kuliner tradisional. Jadi di PKD 2022, tidak hanya kesenian pertunjukan tapi juga kesenian lainnya, seperti pameran seni rupa, tari, dan lainnya,” ujar Syaifullah.

Satu hal yang membuat beda dari penyelenggaraan sebelumnya adalah, PKD 2022 kali ini, ada Anugrah Kebudayaan Sumatera Barat yang diserahkan kepada insan kesenian Sumbar yang telah memberikan kontribusi bagi pelestarian kebudayaan di Sumbar. (adt)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pembentukan Holding Subholding PT PLN, mesti Dengar Masukan dan Aspirasi

Sering Gempa, Andre Rosiade Minta Warga Sumbar Tetap Tenang