in

Berdayakan Warga dalam Jaga Ketertiban Lingkungan

SLEMAN – Diharapkan dengan adanya lomba keamanan lingkungan (Kamling) akan ada standar yang bisa diguna­kan dalam proses pengamanan oleh warga atas lingkungn mereka. Ini merupakan pemberdayaan masyarakat dalam rangka menjaga ketenteraman dan ketertiban masyarakat.

“Ini merupakan upaya untuk pemberdayaan masyarakat di lingkungan masing-masing dalam rangka menjaga ke­amanan dan ketertiban lingkungan,” kata Ketua Tim Verifika­si Lomba Kamling Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yog­yakarta (DIY), Sri Madu Rakyanto, di Sleman, Selasa (1/10).

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Polres Sleman dan Kodim Sleman menyelenggarakan lomba Kamling. Lomba ini diselenggarakan dalam rangka pembinaan Kamling di Ka­bupaten Sleman.

Menurut Rakyanto, lomba ini diselenggarakan di 17 ke­camatan yang ada di Kabupaten Sleman. Lomba diawali pada 2 September 2019 di Tempel dan Desa Triharjo men­jadi wilayah terakhir yang dievaluasi oleh tim. Terakhir di­evaluasi lomba Kamling di Padukuhan Durenan Tejo, Tri­harjo, Sleman pada Senin (30/9) malam.

Rakyanto mengatakan lomba ini dilaksanakan dalam rangka evaluasi terhadap pembinaan administrasi dan ke­mampuan jaga awak kamling yang telah dilakukan pada dua bulan lalu. “Dalam pembinaan kami juga memberikan peralatan Kamling seperti tongkat, senter, dan sebagainya. Saat evaluasi kami cek masih ada apa tidak,” katanya.

Kegiatan kamling, tambah Rakyanto, sangat efektif di­laksanakan ketika melibatkan awak keamanan dari warga. Tentunya dengan mengutamakan budaya dan kearifan lokal sehingga nilai-nilai budaya setempat terjaga. YK/N-3

What do you think?

Written by Julliana Elora

Deretan Kuliner di Semarang yang Mampu Menggoyang Lidah

Di Nagan Raya Anak Gangguan Jiwa, Ayah Nekat Bunuh Diri